Siswa Tidak Wajib Beli LKS

- Rabu, 26 Agustus 2015 | 19:54 WIB

“Penyediaan LKS oleh sekolah hanya untuk mem­bantu siswa dalam pem­belian LKS, tetapi jika ada siswa yang tidak mampu membeli, sekolah tidak per­nah memaksa,” katanya.

Pernyataan tersebut meng­­korfimasi bahwa ada­nya laporan dari beberapa orang tua murid SD dan SMP, bahwa masih adanya oknum guru yang memungut biaya pembelian LKS ke­pada siswa. Hal itu, dika­renakan Pemerintahan Kota (Pemko) Padang mem­pu­nyai program sekolah gratis sembilan tahun yang dica­nangkan Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah.

Sebelumnya Anggota DPRD dari Fraksi PPP Ko­ta Padang, Maidestal Hari Mahesa menegaskan, prog­ram sekolah gratis sembilan tahun yang dicanangkan walikota hanya kebohongan yang diciptakan, untuk pen­citraan menarik suara pub­lik ranah bingkuang.

“Saya berani me­nga­ta­kan program sekolah gratis itu bohong belaka, karena masih saja ada pemungutan yang terjadi di sekolah ke­pada wali mu­rid, baik itu pemungutan seragam atau LKS,” pa­par­nya.

Menurutnya, asumsi yang diterima masyarakat terkait program sekolah gra­tis adalah semuanya yang menyangkut sekolah, ter­nyata pemahaman tersebut jauh berbeda dengan sekolah gratis walikota. Hal tersebut, menurutnya, tidak berjalan sesuai dengan apa yang telah di dengungkan walikota, ternyata hanya pada uang SPP dan uang pemba­ngu­nan, sedangkan pengadaan buku pembelajaran hingga seragam ditanggung ma­syarakat. Ini sama saja de­ngan pembohongan publik dan sangat disayangkan se­kali, apabila pemko ber­lindung dari alasan tidak cukupnya anggaran.

Sementara Ketua Ko­misi IV DPRD Kota Padang, Zulhadi Z Latif mengakui, anggaran yang disediakan untuk pendidikan pada AP­BD 2015 yang ditujukan untuk sekolah gratis, hanya untuk menanggung uang SPP dan uang pemba­ngu­nan. Me­nurutnya, selagi penjualan LKS yang dila­kukan oleh oknum guru tid­ak bersifat memaksa dan me­­rugikan siswa, kegiatan ter­sebut ma­sih bisa ditolerir. (h/ows)

Editor: Administrator

Terkini

Wako Padang Motivasi Generasi Muda di Kurao Pagang

Senin, 25 Oktober 2021 | 06:27 WIB

DPRD Dukung Padang Jadi Kota Layak Anak

Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:01 WIB

Wako Padang Sambut Baik Lembaga Halal Syariah

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:55 WIB
X