Dana Rajawali Siap Disalurkan

- Selasa, 8 September 2015 | 19:08 WIB

Hal ini diungkapkan Pen­­jabat (Pj) Gubernur Sum­­bar, Reydonnyzar Moe­nek bersama rombongan saat kunjungan ke Harian Haluan, Selasa, (8/9) yang disambut Pemimpin Umum (PU) Harian Haluan, Zul Efendi, Wakil Pemimpin Perusahaan (WPU) David Mardian, Pemimpin Re­daksi (Pemred) Yon Erizon, Redaktur Pelaksana (Red­pel) Ismet Fanany MD, Koor­dinator Liputan (Korlip), Devi Diany, dan Redaktur Nova Ang­graini.

“Dana ini kabarnya mencapai Rp65 miliar yang saat ini masih mengendap. Kita bisa bayangkan kalau dana ini bisa segera disa­lurkan akan dapat membantu siswa miskin, mahasiswa miskin dan dosen untuk melanjutkan pendidikannya,” terangnya.

Regulasinya nanti kata Donny, akan melalui yayasan, apakah  yayasan pendidikan Sumbar atau nama lain, intinya dana ini harus bisa disalurkan. “Kita bisa ba­yang­kan 50 orang saja kita kirim untuk melanjutkan pendidikan dengan menggunakan dana abadi ini. Kita pakai bunga­nya saja, akan berapa banyak melahirkan orang hebat di Sum­bar,” terangnya.

Menanggapi usulan ini, Pa­mong Senior, Rusdi Lubis menilai ini adalah langkah bijak. Karena selama ini dana hibah PT Rajawali ini selalu menjadi Silpa semenjak di rekening Pemprov.

“Sebelumnya memang regu­lasi yang menghalangi penyaluran dana ini. Di mana Pemprov Sum­bar tidak boleh memiliki yayasan. Sehingga dana ini masih mengen­dap di rekening Pemda,” terang­nya kepada Haluan kemarin.

Namun, kalau Pemprov ingin tetap menyalurkan dana tersebut harus melalui yayasan yang diberi wewenang penuh tanpa campur tangan Pemda. “Nantinya posisi Pemda, hanya sebagai pengawas dana ini,” terangnya.

Ke depan yang harus diper­baiki kata Rusdi Lubis, yayasan yang akan menyalurkan dana ini. Apakah nantinya akan memakai yayasan yang lama dengan mela­kukan penyempurnaan atau de­ngan membentuk yayasan baru.

“Kalau ingin membuat yaya­san baru yang harus dilakukan agar mendapat pengakuan, dengan mendaftarkan ke Kemen­kum­ham. Yayasan Beasiswa Minang­kabau yang sebelumnya dibentuk, hanya mempunyai kekuatan no­taris saja,” paparnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Lalu Lintas di Padang Lengang Saat PPKM Darurat

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:51 WIB
X