Minat Guru Urus Sertifikasi Berkurang

- Kamis, 17 September 2015 | 19:42 WIB

Pantauan Haluan di se­jum­lah sekolah, guru-guru yang selama ini menerima tunjangan sertifikasi, kece­wa pada proses sulitnya mengurus sertifikasi.

Salah seorang guru SMK N 6 Padang Nurhayati, me­nga­ku, tidak semangat lagi untuk mengurus sertifikasi ini. Syaratnya memang tidak susah, namun mengurusnya sekarang cukup rumit kare­na langsung berhubungan dengan pemerintah pusat. Tidak itu saja, dinas kota (Dinas Pendidikan, red) juga mempersulit guru da­lam mengurus sertifikasi ini.

“Syarat ini itu yang mem­­buat kita susah selama ini. Kalau hanya syarat un­tuk mengajar 24 jam saja, itu tidak sulit bagi kita sebagai guru. Tetapi, kita harus pula me­ngurus administrasi yang ru­mit, itu yang susah. Apa­lagi saat ini guru juga harus mem­perbaharui data sesuai ins­truksi dari pusat,” pa­parnya.

Karena sulit itu, menurut Nurhayati, untuk ke depan dirinya tidak akan mengurus sertifikasi lagi. Apalagi, beban mengajar juga se­makin banyak.

“Karena berbagai proses yang rumit itu, kita para guru jadi tidak memikirkan lagi kemajuan dunia pendidikan. Kami jadi sibuk mengurus sertifikasi saja. Makanya, saya putuskan untuk tidak mengurusnya tahun depan. Sudahlah syaratnya susah, cairnya pun sulit, ada saja alasan. Kadang seharusnya cair 6 bulan misalnya, masuk rekening hanya 3 bulan,” paparnya.

Keluhan susahnya pro­ses administrasi sertifikasi ini juga dirasakan oleh Mai­dawati, guru salah satu se­kolah dasar di Kuranji.

“Kadang data base kita dimasukkan ke Dapodik, kalau salah sudah tidak bisa diperbaiki. Kalau begini, kami yang sudah tua ini sangat bingung. Mudah-mudahan sertifikasi ini ti­dak mempersulit guru. Karena tugas guru itu mengajar, jangan sita waktu kami hanya untuk mengurus sertifikasi ini,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pa­dang Habibul Fuadi me­ngatakan, tidak ada syarat apapun yang sulit dalam mengurus sertifikasi.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Lalu Lintas di Padang Lengang Saat PPKM Darurat

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:51 WIB
X