KPU Temukan 148 Kerusakan APK

- Rabu, 14 Oktober 2015 | 19:44 WIB

Untuk itu, KPU Provinsi sudah menginstruksikan ke KPU ka­bu­paten kota agar mengidentifikasi berapa jumlah APK yang rusak di daerah masing-masing seperti spanduk, baliho, dan umbul-umbul berapa jumlah kerusakannya.

“Dan hingga kini sudah ada 16 kabupaten kota yang memasukkan laporannya, bahwa untuk pemilihan cagub ada di beberapa titik spanduk yang sudah dipasang oleh KPU rusak,” ujarnya, Rabu (14/10).

Fikon menyebutkan, untuk baliho paslon gubernur nomor urut satu, mengalami kerusakan dua buah. Dan paslon nomor urut dua, terdapat satu kerusakan pada baliho.

Sementara itu, yang paling banyak rusak itu adalah umbul-umbul dan spanduk. Jumlah um­bul-umbul paslon nomor satu  yang rusak sebanyak 42 buah, dan paslon nomor dua 48 buah yang rusak.

Sementara kerusakan spanduk pada paslon nomor urut satu ter­dapat 40 unit, dan paslon nomor dua  51 unit. Dalam hal ini, KPU Sumbar akan melakukan cetak ulang dan penggantian bagi semua laporan kerusakan APK yang sudah masuk ke provinsi.

“Nanti penggantian APK ini harus dipasang kembali ke tempat semula, dan sesuai dengan aturan kampanye,” ulasnya.

Dikatakan juga, jika APK pas­lon rusak karena alam maka KPU akan menggantinya, dan begitu juga dengan kerusakan APK karena disengaja atau tangan-tangan jahil memang akan dilakukan juga peng­gantian namun dengan catatan harus ada berita acara yang di­ketahui oleh pihak kepolisian dan Badan Pengawas Pemilu (Ba­was­lu). (h/mg-rin)

Editor: Administrator

Terkini

X