PLN Janji Pemadaman Usai

- Rabu, 14 Oktober 2015 | 20:03 WIB

General Manajer PT PLN Wilayah Sumbar Su­priyadi saat berkunjung ke kantor Harian Haluan, Komplek Lanud, Tabing Selasa (13/10) sore menu­turkan, pemadaman bergilir ini tidak hanya terjadi di Sumbar. Akan tetapi hal yang sama merata terjadi untuk wilayah Sumatera mulai dari Aceh hingga Lampung.

“Saat ini hampir secara ber­samaan itu, semua pembangkit tengah dilakukan perawatan termasuk Teluk Sirih. Dua bulan ini setelah usai pemeliharaan, (pasokan listrik) sudah bisa kembali normal,” ujarnya di depan Pimpinan Umum (PU) Harian Haluan Zul Effendi, Wakil Pimpinan Perusahaan (WPP) David Ramadian, dan Kabag Iklan Yunasbi.

Selain pemeliharaan kata Supriyadi, kondisi cuaca juga cukup membuat rumit kondisi ini. Kemarau yang melanda Sum­bar saat ini membuat debit air yang ada di danau Maninjau dan Singkarak ikut terdampak.

“PLTG di Sumatera Selatan yang menjadi harapan pun tidak bisa berbuat banyak karena terpa­par kabut asap. Sehingga terjadi pengurangan daya 150 MW,” imbuh Supriyadi.

PLTG Sumsel, ini ujar Supri­yadi saat ini tengah diberi mas­ker. Karena partikel abu yang masuk ke turbin membuat mesin tidak beroperasi maksimal. “Ke­ti­ka pemeliharaan selesai dan cuaca mendukung maka akan  kembali beroperasi normal,” paparnya.

Deputi Manajer Operasi Lis­trik Sumbar, Junaidi menam­bahkan, dalam kondisi musim basah, semua pembangkitkan mulai dari Teluk Sirih, Ombilin, Koto Panjang, Singkarak, Manin­jau, Batang Agam menghasilkan 746 MW. Sementara untuk beban hanya 520 MW, jadi masih sur­plus sekitar 200 MW.

“Hanya saja dengan fluktuasi kondisi sangat tidak diprediksi, seperti halnya air. Untuk air Singkarak 4x43 dan Maninjau 4x17 batas normalnya. Sehingga perlu dilakukan atur peng­guna­annya,” ujar Junaidi didampingi Manajer PT PLN Area Padang Widodo dan Deputi Humas PT PLN Ridwan.

Dalam pengoperasiannya, kedua turbin ini masih dipak­sakan , hanya saja bertahan sela­ma tiga hari setelah itu sele­sai. “Kalau ini tetap dioperasikan harus seizin gubernur dan di­reksi,” pungkasnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Lalu Lintas di Padang Lengang Saat PPKM Darurat

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:51 WIB
X