Kopertis Wilayah X Kekurangan Dosen Bidang Kesehatan

- Rabu, 28 Oktober 2015 | 19:57 WIB

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi kekurangan dosen ini Kopertis telah melakukan beberapa lang­kah. Diantaranya mem­fa­silitasi dosen PNS yang berada di perguruan tinggi negeri (PTN) untuk pindah ke Kopertis Wilayah X. Kemudian juga membuka kesempatan bagi praktisi atau pensiunan menjadi dosen tetap Kopertis. Sya­ratnya sudah menyelesaikan studi S2.

Ganefri juga me­nya­takan pemerintah saat ini sangat ketat dalam me­ngatur pelaksanaan perku­liahan di perguruan tinggi. Bagi institusi yang tidak memiliki dosen dengan jabatan fungsional, institusi bisa dikembalikan ke tem­pat kursus, bukan perguruan tinggi lagi.

“Karena jika dosen cu­ma mengajar, artinya me­reka hampir sama dengan instruktur di tempat kursus. Sementara di pergurun ting­gi mereka memiliki kewa­jiban melaksanakan tri dar­ma perguruan tinggi, salah satunya pengabdian kepada masyarakat. Jika hanya me­ngajar saja, mereka belum lagi menularkan ilmunya dan mengaplikasikan ilmu­nya di tengah masyarakat,” urai Ganefri.

Terkait akreditasi B yang sudah disandang oleh Stikes Syedza Saintika, Ganefri memberikan apresiasi kare­na sudah lebih unggul dari PTS lainnya. Ia meng­ha­rapkan, Stikes tidak berpuas diri, karena perguruan ting­gi ini tetap harus mening­katkan sumber dayanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pengembangan Sum­ber Daya Manusia (YPSDM) Syamsul Amar menyatakan yayasan selalu melakukan cara-cara kreatif untuk pengembangan lu­lusan. Seperti memberikan pendidikan soft skill kepada mahasiswa setiap hari Jum­at.

Ia juga berpesan kepada lulusan agar meningkatkan kepercayaan diri mengha­dapi dunia kerja. Menu­rutnya, ketika sudah me­milih menjadi bidan mau­pun perawat, lulusan harus fokus dan tidak menga­lih­kan pilihan ke yang lain.

“Orang yang fokuslah yang akan sukses. Kami juga membuka ruang bagi lulu­san yang ingin berkonsultasi melalui karir development center. Lulusan bisa me­laporkan dimana saja me­reka bekerja dan kendala apa saja yang dihadapi,” terang Syamsul Amar.

Ketua Stikes Syedza Sa­intika Hasrinal juga me­nyatakan saat ini pihaknya mengirim 4 dosen me­nyele­saikan studi S3.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Kunjungi Kota Padang, Simak Pesan Wakapolri

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:42 WIB
X