Kanwil Kemenkum-BNNP Sepakat Perangi Narkoba di Lapas Sumbar

- Sabtu, 26 Maret 2016 | 04:32 WIB

Peredaran narkoba di sejumlah Lapas dan Rutan di Sumatera Barat, disinyalir cukup tinggi. Kanwil Kemenkum dan BNNP pun menabuh genderang perang untuk membersihkan barang haram itu.

PADANG, HALUAN — Kan­tor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkum dan HAM)  Sum­bar memberikan kewe­na­ngan penuh kepada Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar untuk mem­bersihkan Lembaga Pe­mas­yarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Sumbar dari narkoba.

Diharapkan dengan cara ini dapat menekan dan bah­kan memberantas barang ha­ram tersebut dari dalam La­pas/Rutan.

“Kita sudah buat kese­pahaman dengan BNNP un­tuk membersihkan Lapas/Rutan dari narkoba. Kese­pakatan ini juga telah tuang­kan dalam MoU dengan BNNP,” kata Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM Sum­bar Ansa­rud­din kepada Ha­luan Jumat, (25/3) melalui sambungan telepon dari Padang.

Dilanjutkannya, dalam kese­pahaman ini mem­beri­kan ke­sem­patan seluas-luas­nya kepada BNNP bila ingin melakukan sidak ke Lapas/Rutan dalam memberantas narkoba. “Jadi, nanti cukup dengan menelpon kepala saya, BNNP bisa langsung melakukan pemeriksaan di sa­na,”  punkasnya.

Namun, sebelum itu kata Ansaruddin pihaknya mem­beri­kan kesempatan kepada Lapas/Rutan untuk mem­bersihkan diri sendiri tanpa BNNP masuk ke sana. “Sete­lah kita beri kesem­patan, ketika ada sidak ke sana n­a­mun masih ditemukan kita akan beri teguran keras,” paparnya.

Ke depan Kanwil Kemen­kum dan HAM dan BNNP Sum­bar akan terus melakukan peng­geledahan ke Lapas/Ru­tan untuk membersihkan lem­baga tersebut dari barang haram narkoba. “Kita akan tiba-tiba saja datang dan lang­sung melakukan pengge­ledahan. Yang tahu waktu dan tempatnya itu hanya kita,” ujarnya.

Ditambahkan Ansaruddin, pihaknya juga telah melakukan tes urine kepada semua Kepala Lapas/Rutan dan pegawai Divisi Pas. Hasilnya pun semua negatif.

“Tes urine kemarin itu me­mang kita lakukan mendadak kepada semua petugas Lapas dan petugas dari Kanwil. Alham­dulillah, hasilnya negarif. Kalau ada yang terbukti memakai akan langsung kita berhentikan,” ka­tanya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Lalu Lintas di Padang Lengang Saat PPKM Darurat

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:51 WIB

Bansos Beras 10 Kg di Padang Telah Disalurkan

Selasa, 20 Juli 2021 | 18:44 WIB
X