Pengurus PW IPHI Sumbar Dilantik

- Senin, 28 Maret 2016 | 03:29 WIB

PADANG, HALUAN—Wakil Ketua Umum Pimpinan Pu­sat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI), An­shari melantik kepengurusan IPHI Sumbar periode 2016-2021, Sabtu (26/3). Jabatan ketua diamanahkan pada Das­ril, dosen UNP dan sekretaris Syamsuir yang juga Kabid PHU Kanwil Kemenag Sum­bar. Sedangkan bendahara, Taharuddin TRD dari ka­langan pengusaha.

Usai pelantikan dan pe­ngu­kuhan, kepengurusan ba­ru langsung bergerak dengan menggelar rapat kerja, di aula Kanwil Kemenag Sumbar. Organisasi masyarakat haji ini, tak hanya fokus mem­bahas hubungan dengan sang pencipta, tetapi juga berupaya membangun dan mengem­bangkan kesalehan sosial di daerah ini.

“Sebab kemabruran haji itu tidak hanya soal taat beri­badah pada Allah, tetapi juga tuntutan ketaatan sosial ke­masyarakatan,” ujar Dasril.

Sementara itu Wakil Ke­tua PP IPHI Anshari menga­takan, IPHI berdiri secara resmi 22 Maret 1990. Dulu nama organisasi masyarakat haji ini bermacam-macam dan bersifat kedaerahan. Da­lam perjalanannya, para pengurus sudah meletakkan dasar organisasi dan juga serangkaian program yang akan dilaksanakan.

“Sekarang, usia IPHI ge­nap 26 tahun. Saat ini meru­pakan momentum strategis  untuk evaluasi diri tentang  apa saja yang telah dilakukan untuk kepentingan umat,” katanya. 

Untuk kepengurusan PP IPHI saat ini, ada 3 program prioritas yaitu pemberdayaan ekonomi umat, pendidikan dan program kesehatan. Hen­daknya, kepengurusan baru di Sumbar juga merangkum prog­r­am ini dalam pelak­sanaan kegiatannya disam­ping program dakwah.

Namun jangan dipaksakan pelaksanaannya. Dalam hal ini PP IPHI berpesan, pelak­sanakan program kerja itu disesuaikan dengan kemam­puan masing-masing daerah. Jika tidak memungkinkan dilaksanakan sendiri, dapat dilakukan dengan menjalin kerjasama pihak lain.

“Program yang disusun itu, adalah upaya nyata yang kita lakukan untuk pelestarian haji mabrur sepanjang hayat,” katanya. (h/vie)

Editor: Administrator

Terkini

X