Kebakaran di Padang Pasir Hanguskan Tiga Petak Rumah

- Rabu, 30 Maret 2016 | 04:02 WIB

PADANG, HALUAN — Dite­ngah cuaca yang terik, keba­karan menghanguskan tiga unit rumah di kawasan Padang Pasir Kecamatan Padang Ba­rat, Selasa (29/3) siang sekira pukul 01.30 WIB.

Api diduga kuat berasal dari rumah milik Erdawati (60),seorang pedagang yang beralamat di Jalan Padang Pasir Nomor 24 C RT 01 Rw 05 Kelurahan Padang Pasir Kecamatan Padang Barat. Selain menghanguskan rumah Erdawati, api juga melahap rumah milik Salmiati (45), dan separuh bagian rumah dari Mawarni (64) karena posisi rumah yang ber­dem­petan.

Dari pantauan Haluan di lokasi kejadian, pemilik ru­mah, Erdawati yang saat itu baru saja kembali berjualan langsung jatuh pingsan tatkala rumahnya hanya menyisakan puing-puing. Seketika, warga langsung menolong perem­puan paruh baya tersebut ke rumah salah satu tetangga.

Amak, manga amak kayak itu mak. Rumah awak alah hanguih mak (Ibu, rumah kita hangus terbakar, kenapa se­perti begini bu, red),” ungkap anak gadis korban yang tidak mau disebutkan namanya ini.

Saksi mata salah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berkerja di Dinas Perin­dustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumbar yang tak ingin namanya disebutkan, api mulai terlihat dari salah satu  rumah yang berada di belakang pagar kantor Dispe­rindag Sumbar. "Awalnya saya lihat hanya asap kecil, namun kemudian, asap mem­bum­bung tinggi disertai api, kami berteriak dan ada yang lang­­sung me­ne­l­pon pemadam kebakaran," se­butnya kepada Haluan Se­lasa, (29/3) siang di lokasi kejadian.

Lain lagi dengan Fadhli yang juga ikut menyaksikan kebakaran tersebut, ia me­ngira yang terbakar adalah kantor Disperindag Sumbar. Mengingat dari kejauahan asap hitam pekat itu berasal dari kantor tersebut.

"Saya pikir Disperindag yang terbakar ternyata tidak. Namun rumah warga yang bersebelahan langsung de­ngan kantor Disperindag Sum­­bar," kata Fadhli.

Beberapa saat kemudian baru lah lima mobil keba­karan diturunkan ke lokasi untuk memadamkan api yang terlanjur membesar karena angin bertiup kencang. Tidak butuh waktu lama 20 menit kemudian api berhasil dijinak­kan petugas kebakaran dari tim Damkar Kota Pa­dang.

Kepala Badan Kepala Pe­nanggulangan Bencana Dae­rah dan Pemadam Kebakaran (BPBD PK) Kota Pa­dang, Dedi He­ni­dal me­ngatakan, api diduga berasal dari kom­por yang meledak di dapur setelah ditinggal pemiliknya. "Na­mun,ini baru dugaan karena pene­tapan penyebab keba­karan merupakan ke­wena­ngan Kepolisian," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Lalu Lintas di Padang Lengang Saat PPKM Darurat

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:51 WIB

Bansos Beras 10 Kg di Padang Telah Disalurkan

Selasa, 20 Juli 2021 | 18:44 WIB
X