Pemko Padang Mereka Dibohongi

- Kamis, 31 Maret 2016 | 04:40 WIB

PADANG, HALUAN — Aksi nekad tiga perusahaan yang disebut beroperasi tanpa izin, menambah deretan praktik serupa di Padang sejak 10 bulan terakhir. Perusahaan itu sebagian membahayakan lingkungan mulai dari pabrik tahu hingga limbah cangkang sawit.

Menurut Kepala Bapedalda Kota Padang Edy Hasymi ditemukanya tiga perusahaan,  dua perusahaan bergerak di bidang batching plant, PT Mitra Beton Indonesia dan PT Satika. Sedangkan satu perusahaan lain bergerak di usaha cangkang sawit. Lamanya perusahaan terse­but beroperasi ada yang 10 bulan, tiga bulan dan itu tidak diketahui.

Dengan adanya limbah yang ditimbulkan dari perusahaan ter­sebut, barulah bisa diketahui. Kalau usaha tersebut tidak ada limbah mungkin mereka bisa membuka usaha bertahun lamanya.

“Kita tahunya ketika ada limbah yang mengancam kesela­matan warga. Terkait izin itu kewenangan Disperindagtamben Kota Padang untuk memantau usaha yang berada di bawah naungannya,”papar Edy Hasmy.

Ia menambahkan, sejauh ini memang masih ada perusahaan yang memiliki limbah ditemukan di Kota Padang. Mereka ber­operasi tanpa izin, jika sudah ditemukan limbahnya dan di­min­ta izin usaha tidak bisa me­nunjukkan. Secara nyata dan lang­sung akan ditutup saat itu juga.

“Kita tidak langsung menu­tup jika ada itikad baik dari perusahaan tersebut untuk me­ngu­rus izin. Jika tidak ada akan kita tutup saja seperti yang kita lakukan beberapa waktu lalu itu,”tegasnya.

Sementara itu, Walikota Pa­dang Mahyeldi Ansharullah ke­marin juga berkomentar bahwa ke depan tidak akan ada lagi perusahaan yang berani seperti itu. Akan ditindak, baik secara hukum maupun menutup peru­sahaan tersebut.

“Kalau merugikan warga akan kita tindak saja. Ke depan hal ini tidak boleh terjadi lagi,”papar Mahyeldi.

Begitu juga dengan PT Semen Padang yang ingin mengambil bahan baku harus ada izin, tam­bah Mahyeldi. Karena apapun usaha yang dilakukan di Kota Padang sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 15 tahun 2011 tentang izin gangguan.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Berkebun, LBH Padang Usung Konsep Urban Farming

Kamis, 23 September 2021 | 16:46 WIB

8.000 Penerima Bansos di Padang Sudah Divaksin

Kamis, 23 September 2021 | 14:40 WIB

Kebakaran di Lapai Padang, Enam Unit Rumah Hangus

Selasa, 21 September 2021 | 11:36 WIB

Hendri Septa Usulkan Sejumlah Nama Pj Sekda Kota Padang

Senin, 20 September 2021 | 22:25 WIB
X