Perdana, MAN IC Buka Penerimaan Siswa Baru dan Guru

- Kamis, 31 Maret 2016 | 14:27 WIB

PADANG, HALUAN — Madrasah Aliyah Ne­geri Insan Cendekia (MAN IC) Sumatera Barat tahun ajaran 2016/2017 resmi me­ne­ri­ma siswa angkatan pertama. Selain pe­nerimaan siswa, MAN IC Sumbar juga me­la­kukan rekrutmen tenaga pendidik dan te­naga kependidikan. Penerimaan siswa dan rekrutmen tersebut dilakukan secara online dan berskala nasional yang dapat diikuti oleh siswa dan guru se-Indonesia.

“Dari 17 MAN IC se-Indonesia, termasuk dela­pan MAN IC baru yang perdana menerima siswa tahun ini, pilihan calon siswa ter­bany­ak itu MAN IC Su­m­bar. Sampai saat ini, Rabu (30/3), sudah lebih 500 peserta yang mendaftar. Sementara daya tampung MAN IC Su­m­bar baru tiga lokal, kurang dari 100 sis­wa,” kata Ka­subag Humas Kantor Wi­la­yah Ke­men­terian Agama Sumatera Barat H. Mu­ham­mad Rifki, MAg, kepada Haluan, Rabu (30/3).

Sistem penerimaan sis­wa baru secara online dan terpusat ini memungkinkan calon siswa memilih se­ko­lah yang diinginkannya. Misalnya, siswa yang be­rasal dari Sumbar bisa me­milih MAN IC di Jambi dan Serpong. Begitu juga siswa daerah lain, bisa juga men­daftar dengan pilihan salah satunya di MAN IC Sumbar. Hal ini bisa membuat se­kolah di suatu daerah tidak ada siswa yang berasal dari daerahnya sendiri.

Mengantisipasi hal ter­sebut, kata M Rifki, Kanwil Kemenag Sumbar beserta Kemenag di kabupaten dan kota se-Sumbar melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dan mempersiapkan calon peserta didik sebaik mung­kin. Misalnya, Kanwil Ke­me­nag Sumbar akan me­la­kukan workshop khusus dan pembinaan untuk calon siswa (peserta) asal Su­matera Barat yang sudah mendaftar ke MAN IC. Pe­m­binaan ini dilakukan un­tuk meningkatkan aka­de­mik, kepribadian, kese­hatan, dan keimanan peserta se­be­lum mengikuti tes secara nasional.

“Kita mengharapkan, MAN IC Sumbar bisa diisi oleh anak-anak terbaik Su­m­bar. Termasuk bisa di­terima di MAN IC daerah lain. Sehingga kita tidak hanya menjadi penonton saja di sini,” lanjut M Rifki.

Sementara itu, Kepala Kemenag Padang Pariaman, Drs H Masrican men­yam­pai­kan turut bangga dan senang dengan adanya MAN IC di Sumatera Barat, khu­susnya di Padang Pariaman. Rasa bangga tersebut di­jawab dalam bentuk mem­persiapkan siswa dan guru madrasah di Padang Pa­riaman agar bisa menembus MAN IC. Sosialisasi ten­tang MAN IC dan me­kanis­me penerimaan siswa baru dan rekrutmen tenaga pen­didik dan kependidikan dilakukan dengan gencar.

“Sosialisasi dilakukan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang ada di Padang Pariaman. Guru-guru juga diberi pe­latihan agar bisa mem­per­siapkan siswanya, termasuk guru tersebut bisa mengikuti seleksi tenaga pengajar di MAN IC,” kata Masrican saat ditemui Haluan di ruang kerjanya, Selasa (29/3).

Keberadaan MAN IC Sumbar yang terletak di Nagari Sintuk, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, Pa­dang Pariaman, kata Mas­rican, mudah-mudahan bisa meningkatkan motivasi be­lajar siswa MTs di Sumatera Barat agar bisa masuk ke MAN IC ini. Apalagi se­kolah di MAN IC tidak di­pungut biaya, di­asrama­kan, dan mempunyai sistem be­lajar yang menyeim­bang­kan Imtak dan Iptek. (h/mg-fyt)

 

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Berkebun, LBH Padang Usung Konsep Urban Farming

Kamis, 23 September 2021 | 16:46 WIB

8.000 Penerima Bansos di Padang Sudah Divaksin

Kamis, 23 September 2021 | 14:40 WIB

Kebakaran di Lapai Padang, Enam Unit Rumah Hangus

Selasa, 21 September 2021 | 11:36 WIB

Hendri Septa Usulkan Sejumlah Nama Pj Sekda Kota Padang

Senin, 20 September 2021 | 22:25 WIB
X