Truk Masuk Sungai di Lubuk Paraku

Administrator
- Jumat, 8 April 2016 | 04:11 WIB

PADANG, HALUAN — Diduga mengalami rem blong, sebuah truk kontainer beroda 12 dan mengangkut besi seberat 15 ton untuk PT Semen Padang terjun bebas ke dalam sungai di kawasan Lubuk Paraku Kecamatan Lubuk Kilangan pada Kamis (7/4) sekira pukul 10.00 WIB. Beruntung dalam kejadian tersebut, tidak ada menimbulkan korban jiwa.

Saat kejadian, warga sempat mendengar den­tuman keras yang berasal dari truk tersebut. Salah seorang saksi mata, Raka (24) kepada Haluan menga­takan, truk panjang itu pun masuk ke dalam sungai tepat di bawah jembatan Lubuk Paraku.

“Sebelum terjun bebas, truk tersebut juga sempat menghantam lampu jalan tenaga surya yang ada di dekat lokasi,” ungkapnya.

Saksi mata yang lain yang juga seorang sopir truk, Bobi M (48) menyebut, mengatakan, sopir truk ter­sebut sengaja memarkirkan truknya di pendakian pa­norama 1 dan menginap di tempat saudaranya yang ada di dekat lokasi.

“Sesaat setelah jatuh ke dalam sungai, kepala truk itu terpisah dari bak pan­jang­nya dengan muatan besi baja berwarna kuning dan akan dibawa ke proyek Inda­rung 6. Truk ini berasal dari Ngawi, Jawa Timur itupun berserakan di dalam sung­ai,” sebutnya.

Ditambahkannya, ka­wa­san itu memang rawan ke­celakaan sebab turunan yang curam membuat ken­daraan yang remnya tidak pakem bisa saja terjun bebas ke jurang.

“Sudah berapa kali saya melintasi jalanan ini, sudah tidak terhitung kendaraan yang masuk ke dalam sungai, turunan yang curam mem­buat kondisi itu sangat me­na­kutkan, terutama bagi truk,” jelasnya.

Sementara, Kapolsekta Lubuk Kilangan, Kompol Aswarman mengatakan, ke­celakaan itu diduga karena rem blong. Truk roda 12 itu diparkirkan oleh sopir yang diketahui bernama Nanang (40), warga Ngawi. Dia akan membawa besi baja tersebut ke proyek pembangunan Indarung 6 dan melaju dari arah Solok ke Padang.

“Saat di lokasi, sopir tersebut memarkirkan truk­nya di turunan, tapi karena curam, kendaraan besar itu meluncur ke dalam sungai. Untung saja, saat kejadian itu truk dalam kondisi tidak berisi besi baja,” kata As­warman.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

384 Pejabat Pemko Padang Dilantik Hendri Septa

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:46 WIB
X