IAIN Imam Bonjol Salurkan Zakat untuk 67 Mustahik

Administrator
- Jumat, 1 Juli 2016 | 06:19 WIB

PADANG, HALUAN — Sebanyak 67 mustahik (penerima zakat) di lingkungan IAIN Imam Bonjol Padang menerima bantuan zakat dari Baznas Provinsi Sumbar. Dana ini berasal dari para muzaki (wajib zakat) yang dikumpulkan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kampus Lubuk Lintah Padang dari PNS IAIN IB Padang.

Secara simbolis, Rektor IAIN Imam Bonjol Eka Putra Wirman bersama Warek II Firdaus dan Ketua UPZ Aditiawarman menyalurkan zakat kepada perwakilan tenaga sopir, satpam dan tenaga honorer, Kamis, (30/6) di Aula Fakultas Adab dan Humaniora.

“Saya mengajak semua muzaki untuk rela dan ikhlas memberikan bantuan ini kepada mustahik di lingkungan IAIN. Karena dalam kondisi saat ini mereka sangat membutuhkannya terutama dalam persiapan menghadapi Lebaran Idul Fitri 1437 H yang sudah di ambang mata. Apalagi mereka adalah tenaga vital di lingkungan kampus. Sementara untuk muzaki, diha­rapkan dapat bersyukur dengan me­manfaatkan zakat untuk memenuhi kebu­tuhan yang halal-halal saja. Tidak untuk hal-hal yang mudarat,” ucap Eka.

Eka juga mengatakan, zakat yang dite­rima hari ini merupakan bentuk kepedulian sosial dari Keluarga Besar IAIN Imam Bonjol, seperti tenaga pendidik dan kepen­didikan. Mereka dengan keikhlasan me­motong gajinya 2,5 persen untuk zakat.

Ketua UPZ Aditiawarman mengatakan, dengan pengelolaan zakat yang dikelola oleh Baznas Provinsi, bisa diberikan beasiswa kepada mahasiswa se-Sumbar tidak hanya yang berada di Kota Padang saja.

“Harapan kita tidak hanya di ling­kungan kampus saja. Kita menyusun program  dalam jangka panjang diperluas hingga ke tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan. Dan ini adalah dorongan Rektor Eka Putra Wirman terhadap pe­nguruan UPZ ke depan,” katanya. (h/eni)

Editor: Administrator

Terkini

384 Pejabat Pemko Padang Dilantik Hendri Septa

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:45 WIB

Pemko Padang Terima Bantuan Sembako dan Beasiswa

Selasa, 30 November 2021 | 08:50 WIB
X