Pemko Segera Lakukan Evaluasi Jalur Satu Arah Jalan Pancasila

Administrator
- Jumat, 1 Juli 2016 | 06:36 WIB

PADANG, HALUAN — Keputusan Pemko Padang yang memberlakukan jalur satu arah di Jalan Pancasila sejak akhir tahun 2015 mulai mendapat keluhan dari warga setempat dan pengguna jalan.

Saat ini kebijakan ter­sebut menjadi tanda tanya. Bahkan beberapa warga se­tem­pat menduga kebijakan ini untuk menguntungkan salah satu café di jalan ter­sebut.

Pantauan Haluan di Jalan Pancasila, Salah satu café ternama menggunakan se­bagian jalan untuk lahan parkir para tamu. Terlebih lagi disaat acara buka ber­sama, jalan ini penuh dan para pengguna jalan menjadi mengeluh akibat terhalang kendaraan tamu dan menjadi macet.

Salah satu warga setem­pat, Nur (55) menuturkan sejak pemberlakuan jalur satu arah banyak warga setempat yang prihatin. Pasalnya, jalan ini biasa digunakan orang banyak. Sekarang dipakai untuk kepentingan peng­usaha.

“Saya tidak tahu apa ala­san jalan ini jadi satu arah. Tetapi, cukup prihatin saja karena keputusan satu arah benar-benar dimanfaatkan oleh pemilik café besar di jalan ini,” kata Nur kepada Haluan, (30/6) kemarin.

Senada Febrianto (28), salah seorang pemuda yang ditemui Haluan ketika men­coba menerobos jalur satu arah ini tampak ragu-ragu sembari waspada akan keber­adaan Polantas yang menjaga kawasan tersebut.

“Ini yang bikin orang susah. Biasanya pengguna jalan Pan­casila ini dua arah. Sekarang sudah satu arah. Jika ada keper­luan di jalan ini harus memutar dulu ke jalan Hangtuah dan Samudera (Taplau).

Jalan yang biasa digu­nakan orang umum, sekarang sudah digunakan oleh pe­milik café Taman Palem,” Kata Febrianto.

Pengamat Transportasi Universitas Andalas, Yos Syafra mengatakan, Jalan Pancasila yang kini satu arah seharusnya tidak diambil sebagian untuk kepentingan parkir.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

384 Pejabat Pemko Padang Dilantik Hendri Septa

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:46 WIB

Pemko Padang Terima Bantuan Sembako dan Beasiswa

Selasa, 30 November 2021 | 08:50 WIB
X