Sampah di Padang 600 Ton Sehari

Administrator
- Kamis, 21 Juli 2016 | 02:55 WIB

PADANG, HALUAN—Volume sampah di Kota Padang, bertambah hingga 20 persen. Dipicu oleh meningkatnya sampah pasar dan sampah rumah tangga. Bila biasanya sampah yang diangkut ke Tempat Pembu­angan Akhir TPA  Aia Dingin Padang sebesar 400-500 ton per hari, kini  menjadi 550-600 ton per harinya.

Peningkatan volume sam­pah tersebut bisa dihitung dari jumlah unit mobil yang mem­bawa sampah ke lokasi Ini.

Berdasarkan penuturan Azwardi (50) selaku Kepala UPT  TPA Aia Dingin, kenai­kan intensitas sampah terjadi sehabis Lebaran dan Ramadan.

Lanjutnya kendaraan me­ng­angkut sampah disini ber­jumlah 62 unit. Masing-masing mobil mempunyai kapasitas yang berbeda.

“Khusus untuk mobil tipe kontainer itu bisa 3-4 trip perhari, namun sekarang me­ningkat 4-5 perharinya meng­angkut sampah,” terangnya.

Selain juga peningkatan volume sampah bisa dilihat dari jumlah angkutan yang keluar masuk ke (TPS) Tempat Pem­buangan Sampah.

Menyangkut sampah yang menumpuk di Kelurahan me­nurut Azwardi, itu merupakan kewenangan dari (LPM) Kelu­rahan tersebut.

“Selain itu sampah yang masih bertumpuk juga karena kesadaran masyarakat yang masih kurang terhadap keber­sihan lingkungan,” katanya.

Untuk menangulangi pe­numpukan sampah, dikata­kannya sudah dibuat kebijakan dan solusi dalam penguraian sampah baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek maupun jangka panjang.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Pemko Padang Terima Bantuan Sembako dan Beasiswa

Selasa, 30 November 2021 | 08:50 WIB

Wako Padang Paparkan Ekonomi Kreatif di ICCN Pekanbaru

Minggu, 28 November 2021 | 07:50 WIB

Masjid di Padang Bakal Ramah Anak

Sabtu, 27 November 2021 | 07:37 WIB
X