Prodi Sastra Indonesia UNP Raih Akreditasi A

- Rabu, 10 Agustus 2016 | 04:59 WIB

PADANG, HALUAN — Program Studi (Prodi) Sastra Indoesia Universitas Negeri Padang (UNP) berhasil meraih akreditasi A. Hal itu ditetapkan BAN-PT melalui surat keputusan nomor 1123/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2016 dan berlaku hingga 14 Juli 2021.

Alhamdulillah Sastra Indonesia dapat A. Sudah resmi. Sertifikatnya sudah ada,” ujar Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Emidar kepada Haluan, Rabu (3/8).

Emidar mengatakan untuk meraih akreditasi tersebut, ada tujuh standar dari BAN-PT yang harus dipenuhi, di antaranya visi misi, sistem pengelolaan, mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan penelitian dan pengab­dian kepada masyarakat.

Dengan akreditasi A yang diperoleh ini, kata Emidar, kesempatan program studi untuk mendapatkan dana hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sema­kin banyak. Kualitas prodi dari berbagai aspek, kata Emidar, semakin meningkat. Di samping itu, akreditasi A juga memudah­kan lulusan dalam mencari pekerjaan.

“Para lulusan mempunyai peluang untuk bisa mendapatkan pekerjaan di mana saja,” ujar Emidar.

Akreditasi prodi juga berkontribusi kepada akreditasi institusi. “Mudah-mudah ini sumbangan dari jurusan untuk pergu­ruan tinggi,” kata perempuan berkaca mata itu menambahkan.

Emidar pun berharap kepada civitas akademika prodi untuk menjaga akreditasi yang telah diperoleh. Dosen-dosen diminta untuk meningkatkan jumlah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tata usaha diminta untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Sementara mahasiswa juga diminta untuk untuk lebih giat lagi dalam belajar dan mencerminkan akreditasi A yang disandang almamaternya.

“Pokoknya seluruh civitas akademika harus berusaha mempertahankannya. Mulai dari mahasiswa, dosen, TU, hingga pimpinan. Kalau tidak ditingkatkan ki­nerjanya, bisa turun lagi,” kata Emidar.

Di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, selain Prodi Sastra Indonesia, Prodi Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan (D-III) juga sudah berhasil memperbaiki akreditasi menjadi B. Se­mentara itu, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang juga berusaha memperbaiki akreditasi menjadi A tengah menunggu hasil reakreditasi. (h/mg-sas)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Pemko Padang Kejar Target Vaksinasi 70%

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:36 WIB

Wako Padang Hendri Septa Dikunjungi MUI Kota Makassar

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:52 WIB

Petani di Padang Kesulitan Dapat Pupuk Subsidi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:15 WIB

Terpopuler

X