Sebagian Besar Pengusaha Depot Air Minum di Padang tak Taat Aturan

- Jumat, 12 Agustus 2016 | 16:13 WIB

PADANG, HALUAN- Sebagian besar pengusaha Depot Air Minum (DAM) di Kota Padang tidak taat aturan. Dari 672 DAM yang beroperasi, hanya 30 persen yang melakukan pengujan secara berkala.

Semestinya DAM yang menjual pasokan air minum untuk masyarakat melakukan pengujian bakteriologi sekali tiga bulan dan kimia sekali dalam setahun. Namun, prihal ini tidak dijalankan seratus persen oleh DAM yang beroperasi di Padang. Jika hal ini terus dibiarkan, maka kondisi itu akan berampak terhadap kesehatan masyarakat yang mengkonsumsi DAM sebagai kebutuhan air minum sehari-harinya.

Kepada Bidang PMK Dinas Kesehatan Kota Padang, dr. Gentina menjelaskan bahwa hanya sekitar 30 persen DAM yang melakukan pengujian secara berkala yang tercatat dalam 22 Puskesmas di Kota Padang. Sedangkan selebihnya tidak taat aturan. Menurut Gentina, Dinas Kesehatan melakukan pengujian untuk masing-masing depot secara berkala sekali dalam satu tahun. Hal ini ditujukan untuk pengujian kimia terhadap seluruh elemen dari depot air minum tersebut. (h/mg-eby)

Editor: Administrator

Terkini

X