Dodi, Tukang Jagal Sapi Kurban Jokowi yang Bersertifikat Pemotongan Halal Nasional

- Senin, 12 September 2016 | 15:08 WIB

PADANG, HALUAN – Sapi kurban bantuan Presiden Joko Widodo sudah disembelih sekitar pukul 10.30 WIB, Senin (12/9) pagi tadi. Sebelum memasuki proses penyembelihan, butuh 13 orang untuk “menumbangkan” sapi seberat 1,2 ton itu.

Lalu siapa yang menyembelih sapi kurban asal Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota itu?

Ternyata ia adalah Dodi Angguna Putra (29). Sehari-hari, Dodi memang berprofesi sebagai tukang jagal di rumah potong hewan modern Payakumbuh milik Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Barat.

Tugasnya kali ini terasa berbeda.Dalam melakukan aksinya, dia tak sendiri. Doni melakukan bersama rekannya yang lain. Tugas mereka beragam. Mulai dari merebahkan sapi, lalu ada yang bertugas menguliti hewan yang sudah disembelih.

Tugas-tugas tadi dilakukan secara bergantian. Berbeda dengan Doni, ia tetap saja sebagai tukang jagal, penyembelih sapi.

Memang untuk tugas yang satu ini harus memiliki ketahanan tersendiri, sehingga seorang penyembelih tidak boleh ragu saat menggorok hewan sembelihannya. 

"Pertama kita harus siap mental, pemotongannya harus sempurna, jika tidak akan menyiksa sapinya." ungkap pria beranak dua tersebut.

Untuk penyembelihan sapi milik Jokowi ini tidak ada masalah berarti namun dirinya memang sedikit kesulitan.

"Ukurannya cukup besar sehingga butuh {C}tenaga ekstra untuk merebahkannya. Kalau di rumah potong kita kan dibantu mesin sehingga tinggal potong saja, kalau ini manual. Lalu tadi cukup sulit memutar kepalanya karena cukup berat, banyak daging di bagian leher," ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya bercerita, awal-awal terjun sebagai tukang potong, dirinya sempat ragu-ragu untuk menyembelih hewan, namun kini setelah dua tahun berjalan dirinya telah berhasil mendapatkan sertifikasi dalam bidang potong hewan.

Baca juga : Sempat Melawan Sapi Kurban Presiden Jokowi Dikeroyok 13 orang

"Dulu awal-awal sampai kebawa mimpi, namun sekarang saat sudah paham bagaimana cara memotong yang sempurna hati jadi senang. Saat ini saya sudah ada pelatihan ke Bogor untuk sertifikat pemotongan halal nasional. Sertifikasi ini berlaku untuk Indonesia dan luar negeri," terang pria asli Payakumbuh ini. (h/mg-hud)

editor: rakhmatul abar

Editor: Administrator

Terkini

Wako Padang Sambut Baik Lembaga Halal Syariah

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:55 WIB

Wako Padang Sambut Baik Lembaga Halal Syariah

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:20 WIB

Pemko Padang Kejar Target Vaksinasi 70%

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:36 WIB

Wako Padang Hendri Septa Dikunjungi MUI Kota Makassar

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:52 WIB

Petani di Padang Kesulitan Dapat Pupuk Subsidi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:15 WIB
X