Inpres IV Akan Diisi 393 Pedagang

- Senin, 7 November 2016 | 01:01 WIB

PADANG, HALUAN — In­pres IV Pasar Raya Padang yang sedang dalam pengerjaan ren­cananya akan diisi oleh pe­dagang barang dagangan basah seperti ikan, daging dan ayam. Jumlah kapasitas Inpres IV diperkirakan akan diisi sekitar 393 pedagang.

Kepala Dinas Pasar Endrizal pada Haluan, Sabtu (5/11) menyebutkan bahwa kapasitas pada lantai 1 sebanyak 165, lantai 2 dan 3 sebanyak 114 kapasitas masing-masingnya.

Rencana tersebut sudah di­sosialisasikan kepada seluruh pedagang barang dagangan ba­sah. Namun, realisasinya dila­kukan tidak secara bersamaan.

“Jika pada akhir Desember besok bangunan Inpres IV sudah selesai maka penataan akan mulai dilakukan. Kita akan memindahkan pedagang secara bertahap,” terangnya.

Disampaikan Endrizal, pe­mi­n­dahan bisa secara ke­se­luruhan dilakukan jika jembatan penghubung sudah ada dan bisa dilewati dari Inpres II dan III menuju Inpres IV. Karena, pengunjung bisa menuju Inpres IV melalui Inpres III atau Inpres II jika sudah ada jembatan penghubung.

Untuk pembuatan jembatan penghubung akan sejalan de­ng­an proyek Inpres III. Kemudian Endrizal juga menambahkan kekurangan atau kelebihan pedagang sesuai kapasitas akan didata ulang kembali.

“Kita akan mendata kembali berapa jumlah sebenarnya pe­dagang dana akan disesuaikan dengan kapasitas bangunan,” tambahnya.

Sementara itu, untuk pe­min­dahan pedagang daging kese­luruhan bisa jadi kita lakukan setelah Inpres III selesai. Begitu juga dengan pedagang ayam. Pada tahun 2017 semua akan rampung, baik itu bangunan inpres sampai dengan jembatan.

“Jika semua sudah rampung maka pasar raya akan kembali sempurna seperti sebelum gem­pa terjadi,” pungkasnya. (h/win)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Wako Padang Motivasi Generasi Muda di Kurao Pagang

Senin, 25 Oktober 2021 | 06:27 WIB

DPRD Dukung Padang Jadi Kota Layak Anak

Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:01 WIB

Wako Padang Sambut Baik Lembaga Halal Syariah

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:55 WIB
X