Ribuan Orang Napak Tilas ke Tugu PDRI

Administrator
- Senin, 19 Desember 2016 | 02:10 WIB

PADANG, HALUAN — Guber­nur Sumatera Barat Irwan Pra­yitno, Minggu (18/18) melepas lari marathon 10k di depan Gubernur Sumbar, Jln. Sudir­man Padang. Sedangkan di Kabupaten Limapuluh Kota, ribuan wartga akan mengikuti Napak Tilas menuju Tugu Pe­me­rintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Koto Ting­gi.  Kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Bela Negara (HBN) yang jatuh setiap 19 Desember.

Menurut Irwan, dengan lom­ba lari marathon ini masyarakat bisa menghargai keringat para pahlawan yang bisa membe­rikan kita kemerdekaan. Hari bela negara bertujuan mem­bang­kitkan semangat juang para pemuda-pemudi untuk menghargai para pahlawan de­ngan cara marathon yang di selenggarakan.

“Lari maraton sejauh 10k ini menimbulkan rasa perjuangan yang tinggi untuk mencapai garis finish yang di depan mata,” ujarnya. Juga hadir Sekjen Menteri pertahanan republik indonesia Laksdya TNI widodo, SE, M.Sc dan Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah.

Sementara itu di Kabupaten Limapuluh Kota, ribuan orang dari berbagai kalangan akan berjalan kaki tengah malam mulai Minggu (18/12). Rombongan akan berjalan dari Jorong Koto Kociak, Nagari VII Koto Talago, Kecamatan Guguak mulai pukul 20.00 Wib menuju pusat PDRI di Koto Tinggi.

Hal itu dinyatakan Yudilfan Habib dari Forum Peduli Luak Limopuluah. Wakil Ketua Pemu­da Panca Marga (PPM) Kabupaten Limapuluh Kota itu menjelaskan, pentingnya membangun kesada­ran masyarakat untuk mengingat perjuangan bela negara.

Karena Koto Tinggi adalah satu tempat yang menyuarakan tentang keberadaan PDRI pada 19 Desember 1948. “Karena itu kita dari PPM mengadakan napak tilas untuk mengikuti jejak pejuang PDRI dari Koto Kaciak ke Koto Tinggi,” jelas Habib.

Diterangkannya, napak tilas itu menelusuri jejak pahlawan dengan jalan kaki sejauh lebih kurang tiga puluh kilometer. “Anggota TNI, Ormas serta anak-anak, cucu keturunan dari pe­juang kemerdekaan RI ambil bagian dalam hal ini,”ucapnya lagi.

Ketua PPM Kabupaten Lima­puluh Kota, Safaruddin Dt Ban­daro mengungkapkan, napak tilas me­ru­pa­kan rangkaian peringatan Hari Bela Negara di Limapuluh Kota. Napak tilas yang diadakan PPM disupport penuh oleh Sekre­taris Yayasan Peduli Perjuangan PDRI, Ferizal Ridwan.

Wakil Bupati Limapuluh Kota itu, mendukung upaya PPM dalam mengenang sejarah penting per­jua­ngan pahlawan terhadap ke­mer­dekaan RI. Sementara Ketua Panitia napak tilas PDRI Davit Arisandi melaporkan untuk pe­serta napak tilas mencapai seribu lebih.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

X