UBH Menuju Universitas Berkelas Dunia

- Sabtu, 22 April 2017 | 02:44 WIB

PADANG, HALUAN -- Universitas Bung Hatta (UBH) kini menapak usia ke-36 tahun, usia yang telah amat dewasa dan berada pada level kematangan. Di usia tersebut, UBH makin cemerlang, berbagai pengembangan telah dilakukan baik dari sisi akademis maupun intitusi. UBH terus berupaya melahirkan dan mencetak lulusan yang berkualitas, serta memiliki daya saing yang kompetitif.

Hal tersebut diungkapkan Rektor Universitas Bung Hatta, Niki Lukviarman saat menyampaikan laporannya pada sidang terbuka perayaan Dies Natalis ke-36 yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (20/4).

“Hari ini, UBH genap berusia 36 tahun. Rasa syukur mari bersama panjatkan dan diiringi dengan harapan, agar Universitas Bung Hatta semakin unggul dan bermartabat menuju universitas berkelas dunia,” jelasnya.

Lebih lanjut dirnya memaparkan, inti dari perigatan Dies Natalis adalah “muhasabah” (perenungan diri) untuk melakukan instrospeksi. Dari sinilah akan didapat menilai perjalanan, mana yang menurun, stagnan dan meningkat, yang untuk kemudian bisa dirancang sekaligus melangkah bersama untuk melakukan perbaikan dan peningkatan berarti dan fundamental.

“Di dalam grand design rencana induk pengembangan Universitas Bung Hatta periode 2014-2018 mencanangkan penataan organisasi dan manajemen Universitas Bung Hatta untuk mencapai good university governanc. Universitas Bung Hatta sudah berhasil memperoleh Akreditasi Insitusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan nilai akreditasi B. Begitu juga dengan 30 program studi yang dimiliki, baik untuk tingkat sarjana dan magister. Ini akan ditingkatkan dalam waktu dekat menjadi akreditasi A,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, bahwa mahasiswa merupakan faktor utama dalam penentuan key performance suatu institusi pendidikan. Selain mengikuti proses pembelajaran di universitas sesuai dengan standar mutu pendidikan tinggi, aktivitas ekstrakurikuler mahasiswa merupakan bagian penting dan tidak dapat dipisahkan dari aktivitas akademik. Telah banyak kemajuan dan pencapaian yang diperoleh UBH, mulai dari fisik bangunan, SDM hingga mitra dari dalam dan luar negeri.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama bekerja keras dengan penuh dedikasi dan berpartisipasi aktif dalam mengembangkan dan memajukan UBH tercinta. Universitas Bung Hatta tidak akan mengalami kemajuan yang berarti, tanpa bantuan semua pihak yang terkait, baik pihak internal maupun pihak eksternal,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Fachri Ahmad mengatakan, perjalanan panjang telah mengatarkan UBH hingga saat ini dan bercita-cita menuju perguruan tinggi berkelas dunia. Universitas ini terus berkiprah di dalam dan luar negeri. Hasil penelitian dan pengabdian yang dihasilkan dapat berkontribusi untuk pembangunan daerah dan bangsa.

“Kita masih harus terus berkerja, dari sisi aset dan potensi untuk menumbuhkan universitas ini kita tidak kurang sama sekali. Kita tidak cukup dengan hanya tiga guru besar dan puluhan gelar doktor, kita perlu orang-orang yang di kenal seluruh nusantara.  Saya mengingatkan kembali, kita perlu bekerja dan memikirkan lingkungan (daerah), banyak perguruan tinggi yang melakukan penelitian dan pengabdian ke masyarakat. Saya harapkan dapat memperhatikan sisi ini, kita melaksanakan penelitian dan dapat dibagi ke masyarakat, daerah dan negara kita supaya mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan pembangunan,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

DPRD Dukung Padang Jadi Kota Layak Anak

Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:01 WIB

Wako Padang Sambut Baik Lembaga Halal Syariah

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:55 WIB

Wako Padang Sambut Baik Lembaga Halal Syariah

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:20 WIB

Pemko Padang Kejar Target Vaksinasi 70%

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:36 WIB
X