Pembaruan Marka Jalan di Padang Butuhkan Dana Rp200 juta

Administrator
- Jumat, 5 April 2019 | 00:54 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Banyaknya marka jalan yang mulai memudar dan butuh sentuhan kembali, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang akan lakukan pembaruan. Tahun ini, anggaran sebesar Rp200 juta akan dilayangkan untuk pembaruan marka jalan di banyak titik Kota Padang.

Kepala Dishub Dian Fakri pada Haluan, Kamis, (4/4) menyebutkan bahwa, marka jalan, zona merah, zebra cross dan lainnya akan kembali diperbarui. Baik di cat ulang, di buat baru ataupun ada penambahan di beberapa titik tertentu.

"Kami utamakan pembaruannya di pusat kota dulu supaya jalan lalu lintas bisa lancar. Saat ini sedang dalam proses pengadaan barang dan jasa untuk dilimpahkan pengerjaannya," kata Dian.

Ia menyampaikan, saat ini prosesnya masih dalam tender barang dan jasa tersebut. Diperkirakan sekitar bulan Mei akan proses pengerjaan langsung oleh pihak ketiga.

"Anggarannya memang kecil karena sesuai dengan kebutuhan. Kemudian waktu pengerjaannya juga tidak akan lama. Mulai dari pustaka kota lalu lanjut ke pinggir mana yang perlu dibenahi untuk marka tersebut," lanjut Dian.

Dian mengimbau supaya masyarakat dan pengguna jalan bisa tertib dalam mematuhi marka jalan. Karena marka dibuat supaya jalan lancar dan menghindari kemacetan serta angka kecelakaan.

"Marka dibuat bukan untuk pajangan saja atau lukisan yang dipandang-pandang. Akan tetapi untuk diketahui fungsi dan aturannya. Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam menindak yang melanggar marka. Untuk penilangan ada wewenangnya di kepolisian," ujar Dian. (h/win)

Editor: Administrator

Terkini

Dua Mantan Pengurus KONI Padang Resmi Ditahan

Rabu, 18 Mei 2022 | 17:06 WIB

Padang Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 2021

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:51 WIB
X