Paling Rawan Macet, Pemko Padang Kaji Pelebaran Jalan Perintis Jati

- Jumat, 14 Juni 2019 | 22:32 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pemko Padang sedang mempersiapkan perlebaran beberapa ruas jalan dibeberapa lokasi yang semakin padat dilalui kendaraan. Salah satunya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jati yang terus padat dan macet setiap hari.

Pihak Pemko Padang saat ini sedang memperhitungkan bagaimana dapat memperlebar jalan tanpa harus mengganggu drainase yang ada.

"Kalau kita perlebat ke arah barat, tentu akan sangat besat uang ganti rugi yang harus disiapkan karena akan bersentuhan dengan rumah dan beberapa gedung," kata Kepala Bappeda Padang, Medi Iswandi, Jumat (14/6).

Ia mengatakan, Pemko Padang akan berbicara dengan Balai Sungai terkait kemungkinan akan diperlebarnya jalan ini. Sebab salah satu alternatif dengan memakai trotoar yang nantinya dibangun di atas sungai.

"Makanya akan kita bicarakan terlebih dahulu dengan Balai Sungai, apakah tidak apa-apa membangun trotoarnya di atas sungai tersebut," ujarnya.

Selain itu, sebut Medi, pihaknya juga akan memperlebar jalan Adinegoro dan Padang Selatan yang termasuk jalan negara.

Sebelumnya, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, guna mengatasi kemacetan dan meningkatkan keselamatan untuk pengendara, akan dibangun dua jalan layang baru di Kota Padang. Pembangunan dua jalan layang ini menggunakan APBN yang direncanakan dimulai pada tahun 2020.

Ia mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Padang saat ini sedang menunggu keputusan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar untuk titik tanah yang akan dilakukan pembebasan lahan dalam proyek pembangunan jalan layang di Kota Padang.

"Saat ini Pemio Padang bersama dengan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi telah melaksanakan survei untuk titik tanah yang akan dibebaskan. Kita tunggu arahan dari provinsi, titik mana yang akan dibebaskan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Kunjungi Kota Padang, Simak Pesan Wakapolri

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:42 WIB
X