Siaga Bencana, Dinsos Padang Rekrut Tim Reaksi Cepat

- Jumat, 17 Januari 2020 | 20:16 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Soial (Dinsos) Kota Padang berencana akan membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC). TRC tersebut nantinya bakal bertugas memberikan pelayanan cepat terhadap penanganan bencana alam maupun bencana sosial di Kota Bingkuang.

Sekretaris Dinas Sosial Kota Padang, Yoserizal mengatakan, beragam bencana silih berganti menerjang Kota Padang. Yakni, banjir, longsor, angin puting beliung, hingga pohon tumbang, bergiliran datang. Sejalan dengan itu, pihaknya akan membentuk TRC untuk membantu penanggulangan bencana.

Dengan adanya TRC, kata Yoserizal, diharapkan dapat memudahkan warga dalam menyampaikan informasi bencana, serta membantu warga untuk menyampaikan ke Dinas Sosial. TRC tersebut berasal dari anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana). Namun dalam perekrutannya dilakukan seleksi terlebih dahulu.

"Memang kita tahun ini ada kuota untuk pembentukan anggota tim reaksi cepat atau TRC, itu hanya untuk 20 orang saja. Anggota kita seleksi dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Padang," ujar Yoserizal, baru-baru ini.

Untuk Kota Padang, sambung Yoserizal, anggota Tagana berjumlah sekitar 300 orang lebih, yang tersebar di 11 Kecamatan di Kota Padang. Tagana memiliki tugas dalam penanganan kebencanaan yakni sebelum bencana, disaat bencana, dan pasca bencana.

Dengan adanya tenaga terlatih dari unsur masyarakat diharapkan dapat mempercepat mobilisasi bantuan sosial secara efektif. Selain itu, Tagana juga merupakan upaya peningkatan kapasitas dalam kesiapsiagaan masyarakat untuk menghadapi bencana.

"Pada umumnya dalam melaksanakan tugas di lapangan, Tagana berperan dalam mendirikan posko dapur umum, tenda penyelamatan, dan mengidentifikasi korban," jelas Yoserizal. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Wako Padang Hendri Septa Dikunjungi MUI Kota Makassar

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:52 WIB

Petani di Padang Kesulitan Dapat Pupuk Subsidi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:15 WIB

RSUD Rasidin Sediakan Food Box Bagi Penunggu Pasien

Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:07 WIB

Camat Padang Selatan Optimis Lampaui Target Vaksinasi

Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:21 WIB

Terpopuler

X