Antisipasi Penyebaran Covid-19, Satpol PP Padang Tertibkan Ziarah Makam

- Minggu, 19 April 2020 | 18:25 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Satpol PP Padang menyikapi laporan warga Gunung Pangilun, Kecamatan Nanggalo yang merasa kurang nyaman dengan adanya warga yang berbondong-bondong datang dari dalam dan luar Kota Padang untuk berziarah ke makam keluarganya di kawasan tersebut, Minggu (19/4/2020).

"Warga ingin pandemi ini cepat berlalu dan tidak ingin terganggu bulan Ramadan, warga sekitar bersama-sama sudah melakukan pencegahan untuk berdiam diri dirumah dan juga melaksanakan jaga jarak. Namun, karena tradisi mendekati bulan puasa warga selalu berziarah ke makam keluarganya, membuat warga sekitar menjadi resah," kata Kasat Pol PP Padang, Alfiadi.

Menyikapi hal tersebut, petugas yang piket langsung ke lokasi dan memberikan imbauan secara persuasif kepada penziarah agar selalu mengunakan masker dan selalu menjaga jarak, untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan tidak berlama-lama di pemakaman. "Warga yang datang berziarah sangat memahami apa yang kita imbau, mereka yang datang kebanyakan mengunakan masker dan melakukan social distancing dan physical distancing," tambahnya.

Alfiadi berharap, kepada warga Kota Padang agar menghentikan sejenak kegiatan tradisi yang mengundang orang banyak, agar pandemi ini cepat berlalu dan Ramdaan bisa dilaksanakan dengan tenang. Makanya, dia menganujurkan untuk mengikuti intruksi pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19.  

"Ini adalah virus yang tidak nampak oleh mata kita, sekarang warga kita dari perantau sudah banyak yang masuk Kota Padang. Kami mohon untuk menghentikan sejenak kegiatan tradisi yang mengundang orang banyak. Untuk pencegahan penyebaran virus ini," tutup Alfiadi. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Lalu Lintas di Padang Lengang Saat PPKM Darurat

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:51 WIB
X