Antisipasi Terjadinya Kejahatan Jalanan, Polsek Lubeg Terus Gelar Razia Cipkon

- Minggu, 5 Juli 2020 | 15:55 WIB

HARIANHALUAN.COM - Jajaran Polsek Lubuk Begalung kembali melakukan penertiban dalam bentuk razia untuk pencegahan terjadinya tindak kriminal kejahatan jalanan. Sejumlah tempat wilayah hukum Polsek Lubeg menjadi sasaran razia dalam penertiban balap liar yang kembali marak.

Seperti yang dikatakan Kapolsek Lubeg, AKP Andi Parningotan Lorena, kegiatan ini akan menjadi rutinitas polisi setiap Minggunya untuk meminimalisir terjadinya tawuran dan balap liar.

"Pada razia pada Sabtu malam hingga Minggu pagi, setidaknya ada sekitar 20 unit kendaraan bermotor yang kami sita oleh tim gabungan dari Polsek Lubuk Begalung," ujar Andi, Minggu (5/7/2020).

Ditambahkannya, razia dilakukan adalah dalam rangka pencegahan terjadi tawuran, balapan liar dan bentuk kejahatan jalan lainnya. Namun, dari semua kendaraan yang disita, tidak semua dilakukan penilangan.

"Bagi pengendara yang mengaku surat-suratnya lengkap dan ketinggalan, kami perintahkan untuk menjemput pulang. Kemudian bagi yang tidak lengkap terpaksa dilakukan penilangan," terang Andi.

Selama operasi berjalan, kata dia, tidak tutup kemungkinan terjadinya sebagian pengendara menghindar dari kegoatan razia yang dilakukan. Ada diantara pengendara yang putar balik melawan arus sehingga membahayakan pengendara lainnya.

"Bagi pengendara yang nekad putar balik hingga melawan arus terpaksa kami kejar karena bisa membahayakan pengendara lainnya," terang Andi lagi.

Selanjutnya, kegiatan ini akan terus dilakukan setiap minggunya dengan memberdayakan Bhabin Kamtibmas dan pengumpulan informan di lapangan. Apalagi pasca tatanan hidup baru (New Normal) Aktivitas masyarakat di sejumlah titik Kota Padang, sudah terlihat kembali.

"Ini adalah salah satu cara polisi mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) adalah melalui operasi cipta kondisi (cipkon) yang digelar oleh Polresta Padang dan Polsek jajaran setiap minggunya," tandasnya. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Wako Padang Hendri Septa Dikunjungi MUI Kota Makassar

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:52 WIB

Petani di Padang Kesulitan Dapat Pupuk Subsidi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:15 WIB

RSUD Rasidin Sediakan Food Box Bagi Penunggu Pasien

Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:07 WIB

Camat Padang Selatan Optimis Lampaui Target Vaksinasi

Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:21 WIB

Terpopuler

X