Begini Suasana Kampung Cina Kota Padang pada Hari Libur Waisak Tahun Ini

Administrator
- Rabu, 26 Mei 2021 | 12:50 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Hari Raya waisak yang jatuh pada tanggal (26/5) atau 2565 BE hari ini tidak dirayakan layaknya sebelum pandemi. Selain itu pada hari libur waisak kali ini kawasan Pecinaan Kota Padang dan Kota Tua Padang tampak sunyi dibanding hari raya waisak sebelum pandemi.

Pantauan harianhaluan.com, suasana Kota Tua dan kawasan Pecinaan Kota Padang, hanya diisi oleh aktivitas biasa warga setempat. Polsek di kawasan tersebut juga tidak tampak melakukan penjagaan di sekitar daerah tersebut.

Salah satu warga, Fahendra, yang sedang bersantai di Kelenteng See Hien Kiong Kota Padang mengaku hanya duduk-duduk di motornya mengisi waktu. Ia mengatakan tidak berekspetasi lebih untuk hari libur Waisak tahun ini.

"Biasanya tempat ini (Pecinaan, red) kan selalu ramai. Melihat tahun lalu saja tidak ramai, tidak mungkin tahun ini bakalan ramai juga. Kan katanya Covid-19 mebibgkat di Sumbar," ujarnya, Rabu (26/5/2021).

Menurutnya, kalaupun ada masyarakat yang datang, hanyalah masyarakat setempat yang beraktivitas biasa. 

"Sunyi, jadi perputaran uang juga ikut sunyi. Seperti inilah suasana daerah sini sekarang. Mungkin sore nanti akan ramai," katanya.

Mengenai pengamanan atau pelarangan kunjungan untuk daerah tersebut, ia kurang mengetahui. "Mungkin saja ada edaran yang melarang kegiatan Waisak di sini, tapi saya tidak tau ada atau tidak," ujarnya. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Berprestasi, Wako Hendri Septa Umrahkan 44 ASN Padang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 22:15 WIB
X