Dirancang Tahan Gempa, Pasar Raya Padang Blok I, II, III dan IV Paling Aman Jadi Shelter

Administrator
- Selasa, 6 Juli 2021 | 10:31 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang menilai bangunan Pasar Raya Padang paling aman dijadikan shelter tsunami. Pasalnya, bangunan tersebut dirancang tahan gempa.

"Bangunan Blok I, II, III, dan IV Pasar Raya Padang merupakan bangunan paling aman untuk mitigasi bencana tsunami di daerah ini. Bangunan Pasar Raya mendapatkan nilai tertinggi saat petugas melakukan pengecekan struktur bangunan untuk shelter," kata Kepala BPBD Padang, Barlius, Selasa (6/7/2021).

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Barlius mengatakan, bangunan Pasar Raya Padang telah dirancang tahan gempa dan dapat dijadikan shelter untuk tsunami sejak awal pembangunan. Hal itu dilakukan karena bangunan Pasar Raya yang rubuh saat gempa 30 September 2009 lalu, sehingga dibangun agar tahan gempa.

"Untuk gedung tinggi lainnya yang dapat diperuntukan sebagai shelter seperti sekolah, dan hotel masih membutuhkan penguatan atau pembenahan. Sebab dibutuhkan bangunan yang sangat kokoh untuk dapat menahan terjangan tsunami," kata Barlius.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Barlius menambahkan, hingga saat ini Kota Padang masih membutuhkan tambahan keberadaan beberapa shelter. BPBD pun telah mengusulkan bantuan ke BNPB untuk dapat membangun tambahan dua shelter yakni di Purus dan Padang Sarai. 

Namun kata Barlius, karena keterbasatan anggaran yang dialihkan bagi penangan Covid-19 sehingga tidak ada bantuan pembangunan shelter pada tahun ini.

"Tidak ada pembangunan shelter tahun ini," kata Barlius. (*)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Pemko Padang Terima Bantuan Sembako dan Beasiswa

Selasa, 30 November 2021 | 08:50 WIB

Wako Padang Paparkan Ekonomi Kreatif di ICCN Pekanbaru

Minggu, 28 November 2021 | 07:50 WIB

Masjid di Padang Bakal Ramah Anak

Sabtu, 27 November 2021 | 07:37 WIB
X