PPKM Level 4 Kota Padang, Penyekatan Hanya Dilaksanakan Satgas Covid-19 Kelurahan

- Senin, 26 Juli 2021 | 02:55 WIB
Ilustrasi. Kota Padang sepi gegara penyekatan.
Ilustrasi. Kota Padang sepi gegara penyekatan.

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kota Padang menerapkan PPKM Level 4 mulai tanggal 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 mendatang. Penyekatan pun dilakukan demi mengurangi mobilitas masyarakat.

Baca Juga: Kota Padang Terapkan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus, Begini Aturannya

Namun, ada yang bebeda dari penyekatan PPKM Level 4 kali ini. Pemerintah menginstruksikan agar penyekatan dan pengecekan dilakukan Satgas Covid-19 Kelurahan masing-masing.

Satgas ini beranggotakan Lurah/RW/RT/Babinsa/Babinkamtibmas/LPM/Tokoh Masyarakat/Organisasi Kepemudaan/PKK/Bundo Kanduang/Kelompok Keagamaan/Kelompok Tangguh Bencana. Petugas akan memeriksa setiap masyarakat yang datang atau masuk ke lingkungannya.

Terkait persyaratan masuk wilayah masih tetap sama. Masyarakat wajib menunjukkan PCR H-2 atau Rapid Antigen H-1 warga dari luar provinsi. Selain itu, juga wajib menunjukkan bukti sertifikat vaksin Covid-19.

Dalam Surat Edaran (SE) Nomor 400.600/BPBD-Pdg/VII/2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Pencegahan Pandemi Covid-19 dijelaskan bahwa pengawasan kegiatan penyekatan di kelurahan tersebut akan diawasi oleh Satgas Covid-19 Kota Padang yang terdiri dari Kepolisian, TNI, BPBD, dan Camat masing-masing wilayah.

Sebelumnya, pemerintah melakukan penyekatan mulai tanggal 12 Juli sampai 25 Juli 2021 di sejumlah pintu masuk Kota Padang. Bagi pengendara yang tidak memenuhi syarat, langsung diputar balik dan tidak diizinkan masuk Kota Padang.

Namun dengan adanya aturan terbaru saat ini, pelaksanaan penyekatan diserahkan kepada Satgas Covid-19 Kelurahan.(*)

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

Hendri Septa Usulkan Sejumlah Nama Pj Sekda Kota Padang

Senin, 20 September 2021 | 22:25 WIB
X