Besok, Pelaku UMKM di Padang Aksi Solidaritas Kibarkan 500 Bendera Putih

- Rabu, 28 Juli 2021 | 01:10 WIB
ilustrasi
ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pandemi Covid-19 nampak seperti tak berujung bahkan belum menujukkan tanda-tanda keadaan kembali pulih. Semakin lama keadaan semakin mengapit perekonomian rakyat, terutama para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Menyikapi situasi ini, para pelaku UMKM berencana membantu upaya pemerintah agar situasi dapat perlahan normal namun tanpa mengorbankan kesempatan UMKM untuk tetap bertahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Para pelaku UMKM berencana menggelar aksi solidaritas di Persimpangan Jambria, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) pada hari Kamis (29/7). Bentuk aksi solidaritas adalah mengibarkan 500 bendera putih, pembagian brosur dan masker untuk masyarakat Kota Padang.

Pengibaran bendera putih tersebut sebagai bentuk simbol bahwa para pelaku UMKM di Padang ingin kembali lebih cepat ke keadaan semula tanpa pandemi.

Salah satu, Perwakilan Aliansi Masyarakat Terdampak PPKM, Heru menyampaikan, para pelaku usaha yang tergabung terdiri dari pengusaha coffee shop, seni hingga pedagang kaki lima (PKL).

“Aksi ini sebagai bentuk solidaritas untuk memberikan pemahaman bahwa kondisi saat ini pelaku UMKM dari semua sektor sedang tidak baik-baik saja. Kami sekaligus ingin membantu pemerintah untuk memberi alarm agar masyarakat sama-sama mematuhi protokol kesehatan (Prokes),” kata Heru.

Aksi ini, katanya, juga tidak lepas dari aturan Prokes yang ada dan murni keinginan pelaku usaha coffeeshop, penggiat seni dan juga PKL .

Rangkaian aksi ini, sekaligus menghimbau pelaku usaha dan juga masyarakat (customer) bersama bahu-membahu untuk memulihkan keadaan yang genting ini, baik dari sektor ekonomi dan juga kesehatan.

"Kita berharap dari aksi kita bukan hanya mendapatkan respon, tapi juga sama-sama memikirkan solusi yang efektif dan lebih baik," ujarnya.

Para pegiat usaha dalam aksi ini, kata Heru, juga akan memberikan imbauan dan brosur kepada masyarakat agar patuh terhadap Prokes.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Terkini

Hendri Septa Usulkan Sejumlah Nama Pj Sekda Kota Padang

Senin, 20 September 2021 | 22:25 WIB
X