Sinergi dengan Difabel Kunci Terwujudnya Pembangunan Inklusif

- Jumat, 30 Juli 2021 | 13:36 WIB
Webinar Bappeda Padang
Webinar Bappeda Padang

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sinergi dengan organisasi penyandang disabilitas merupakan salah satu faktor kunci untuk bisa terwujudnya pembangunan inklusif. Hal tersebut disampaikan Kepala BAPPEDA Kota Padang, Kabid Litbang, Desfi Hendri.

Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari beberapa kegiatan yang dilakukan secara SINERGIS bersama perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Padang untuk meningkatkan partisipasi dan inklusi penyandang disabilitas dalam proses pembangunan daerah di Kota Padang.

"Pada dua kegiatan sebelumnya telah dilaksanakan dua pelatihan bagi penyandang disabilitas di Kota Padang untuk membangun kapasitas mereka agar dapat berpartisipasi aktif dalam seluruh proses perencanaan pembangunan daerah," ujarnya dalam webinar Rencana Aksi Disabilitas Nasional, Daerah dan Inklusivitas Disabilitas dalam Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)
Melalui Zoom Meeting, Kamis (29/7).

Nanti PPDI Padang, kata dia,tentunya juga perlu membangun kapasitas aparatur pemerintah terkait inklusi disabilitas dalam pembangunan.

"BAPPEDA Kota Padang sendiri, dalam revisi RPJMD 2019-2024 Kota Padang, kami juga sudah menjadikan peraturan pemerintah NO.70 tahun 2019 tentang perencanaan, penyelenggaraan, dan evaluasi terhadap penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas sebagai salah satu telaah isu strategis pembangunan Kota Padang untuk terwujudnya pembangunan inklusif disabilitas," kata dia.

Lebih lanjut, ujarnya, bulan April yang lalu BAPPEDA Kota Padang juga sudah menyelenggarakan Musrenbang tematik disabilitas yang pertama di Sumatera Barat.

"Kami sangat berterimakasih atas inisiasi dan ajakan kolaborasi dari teman-teman PPDI Kota Padang INI untuk bersama pemerintah Kota Padang terus meningkatkan Padang menjadi Kota yang betul-betul inklusif," tuturnya.

Hal ini, kata dia, menunjukkan bahwa organisasi penyandang disabilitas mampu menjadi mitra pemerintah yang setara dan ikut berkontribusi membangun Kota Padang tercinta.

Kegiatan webinar hari ini merupakan kerjasama antara Litbang BAPPEDA Kota Padang, Dinas Sosial, Dinas Kominfo, Setda Kota Padang dan PPDI Padang.(*)

Editor: Nova Anggraini

Terkini

Hendri Septa Usulkan Sejumlah Nama Pj Sekda Kota Padang

Senin, 20 September 2021 | 22:25 WIB
X