PPKM Level 4 Diperpanjang, DPRD Padang: Aktivitas Perekonomian Perlu Dilonggarkan

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 13:57 WIB
Budi Syahrial
Budi Syahrial

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Padang memperpanjang masa PPKM Level 4 hingga tanggal 9 Agustus mendatang. Kebijakan ini membatasi sejumlah kegiatan masyarakat guna menekan angka penyebaran Covid-19.

Anggota Komisi I DPRD Padang Budi Syahrial menilai bahwa pelaksanaan PPKM di Sumbar, khususnya Kota Padang cukup efektif. Namun, menurutnya perlu adanya modifikasi dan pelonggaran agar perekonomian masyarakat kembali bergairah.

"Kalau bisa agak dilonggarkan saja untuk kegiatan perdagangan. Tapi, tetap harus dikontrol dengan ketat penerapan protokol kesehatannya," kata Budi saat dihubungi, Rabu (4/8/2021)

Dia juga mengharapkan agar pemerintah segera meluncurkan bantuan kepada masyarakat. Tak hanya keluarga yang terdaftar sebagai penerima bantuan, nasib para pelaku UMKM juga mesti diperhitungkan.

"Yang terkena dampak PPKM ini bukan hanya yang terdaftar DTKS atau BDT, tapi juga mereka yang pengusaha, pelaku usaha mikro dan kecil," katanya.

Meskipun PPKM Level 4 Kota Padang diperpanjang hingga 9 Agustus, Budi mengatakan pemerintah harusnya sudah menyiapkan strategi khusus agar sektor perekonomian jangan sampai terhambat.

"Pelaku UMKM ini paling terpukul sekarang. Mereka selama ini tidak ada dalam data yang mendapat bantuan, ini harus jadi perhatian pemerintah," katanya.

Diberitakan sebelumnya bahwa Pemerintah Kota Padang memperpanjang PPKM Level 4 sebagai tindak lanjut dari arahan pidato Presiden Republik Indonesia tanggal 2 Agustus 2021 serta Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 28 Tahun 2021.

Aturan tersebut membatasi kapasitas dan jam operasional sektor perekonomian masyarakat, seperti rumah makan, kafe, pasar tradisional, PKL, dan pelaku usaha lainnya.(*)

Editor: Nova Anggraini

Terkini

Terminal Anak Air Padang Siap Diuji Coba

Senin, 27 September 2021 | 18:59 WIB

Perumda AM Padang Buka Pendaftaran MBR 2022

Minggu, 26 September 2021 | 07:28 WIB

Kemenko Marves Segera Siapkan DED TPA Aia Dingin Padang

Sabtu, 25 September 2021 | 12:30 WIB

Berkebun, LBH Padang Usung Konsep Urban Farming

Kamis, 23 September 2021 | 16:46 WIB

8.000 Penerima Bansos di Padang Sudah Divaksin

Kamis, 23 September 2021 | 14:40 WIB
X