Kabar Gembira, Kota Padang Bakal Punya Sentra Rendang Akhir Tahun Ini

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 01:08 WIB
Walikota Padang Hendri Septa meninjau pembangunan sentra rendang.
Walikota Padang Hendri Septa meninjau pembangunan sentra rendang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kota Padang diperkirakan akan segera memiliki sebuah pusat penjualan masakan rendang atau Sentra Rendang. Tak tanggung-tanggung, sentra Rendang tersebut dibangun di atas lahan tanah seluas 5.112 meter persegi.

Sejak dimulainya peletakan batu pertama tanda dimulainya pengerjaan fisik per 25 Mei 2021 lalu, kini proses pengerjaannya pun sudah berjalan 26 persen.

Hal itu diungkapkan Walikota Padang Hendri Septa saat meninjau pembangunan Sentra Rendang yang berlokasi di kawasan Lubuk Buaya, Kelurahan Lubuk Buaya atau tepatnya belakang Kantor Camat Koto Tangah itu, Kamis (5/8/2021).

"Pembangunan sentra rendang ini adalah sebuah doa yang dikabulkan oleh Allah SWT. Karena sudah lama kita menunggu sejak 2015 lalu, akhirnya pembangunannya terlaksana berkat bantuan dana alokasi khusus (DAK) Kementerian Perindustrian. Alhamdulillah hari ini progresnya sudah berjalan 26 persen," katanya.

Hendri menjelaskan pengerjaan Sentra Rendang Kota Padang ini memakan total anggaran sebesar Rp21 miliar dari DAK bantuan Kementerian Perindustrian. Target penyelesaiannya diperkirakan paling lama akhir Desember 2021.

"Kita berharap tempat ini tidak saja menjadi tempat pelatihan, pengembangan dan pemasaran buat seluruh industri kecil menengah (IKM) yang berhubungan dengan rendang, namun juga bisa dijadikan sebagai pusat 'tourism attraction' di Kota Padang," sambungnya.

Tak hanya itu, Hendru juga berharap sentra rendang ini tentunya bisa menjadi pusat penelitian, pengembangan dan pembelajaran terkait rendang bagi generasi muda.

Sementara itu Kepala Disnakerin Kota Padang Suardi dalam kesempatan yang sama menyebutkan hadirnya Sentra Rendang ini untuk memfasilitasi pelaku industri rendang Kota Padang melakukan kegiatan di tempat produksi yang khusus. Selain itu guna memenuhi prinsip cara produksi pangan olahan yang baik bertaraf internasional.

Lebih lanjut Suardi menerangkan, di dalam Sentra Rendang Kota Padang tersebut akan terdapat beberapa fasilitas. Mulai dari gedung produksi, pengolahan dan promosi/pemasaran rendang. Selanjutnya gedung perkantoran, ruangan workshop, gudang dan bangunan utilitas.

Halaman:

Editor: Endrik Ahmad Iqbal

Terkini

Terminal Anak Air Padang Siap Diuji Coba

Senin, 27 September 2021 | 18:59 WIB

Perumda AM Padang Buka Pendaftaran MBR 2022

Minggu, 26 September 2021 | 07:28 WIB

Kemenko Marves Segera Siapkan DED TPA Aia Dingin Padang

Sabtu, 25 September 2021 | 12:30 WIB

Berkebun, LBH Padang Usung Konsep Urban Farming

Kamis, 23 September 2021 | 16:46 WIB

8.000 Penerima Bansos di Padang Sudah Divaksin

Kamis, 23 September 2021 | 14:40 WIB
X