Tenaga Kerja Dipersiapkan untuk 5 Destinasi Wisata Super Prioritas, 1 Ada di Sumatera

- Jumat, 24 September 2021 | 20:04 WIB
Pekerja ekonomi kreatif dan pariwisata di Labuan Bajo
Pekerja ekonomi kreatif dan pariwisata di Labuan Bajo

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Indonesia tengah menyiapkan tenaga kerja untuk mengisi beberapa jabatan dalam industri pariwisata, terutama untuk ditempatkan pada 5 destinasi wisata super prioritas sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Hal ini dilakukan Pemerintah RI melalui Kementerian Ketenagakerjaan guna mengatasi persoalan terkait ketenagakerjaan, khususnya dalam menyiapkan tenaga kerja dengan komptensi yang sesuai dengan selera pasar kerja.

Untuk itu, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, melakukan Kick Off Pemagangan 5 Destinasi Wisata Super Prioritas di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (24/9/2021). Kick Off ini menandai dimulainya masifikasi penyiapan SDM terampil pada sektor pariwisata di 5 destinasi wisata super prioritas.

Ida menyatakan bahwa Program Pemagangan merupakan salah satu solusi tepat untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan, khususnya dalam menyiapkan tenaga kerja dengan kompetensi yang sesuai dengan pasar kerja.

"Dalam program pemagangan, peserta mendapatkan pengalaman kerja pada dunia kerja yang sesungguhnya, membentuk sikap mental, perilaku kerja serta kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja," katanya dilansir dari kemnaker.go.id

Dia menjelaskan, selain penyiapan SDM terampil di 5 destinasi wisata super prioritas, pemagangan juga menjadi upaya pemerintah dalam menyongsong bonus demografi, serta menyelesaikan sejumlah tantangan yang melingkupinya. Tantangan-tantangan tersebut di antaranya adalah era digitalisasi, dampak pandemi Covid-19 pada sektor ketenagakerjaan, dan rendahnya kualifikasi keterampilan SDM Indonesia.

"Program pemagangan ini adalah bagian dari pelatihan, bukan untuk mendapatkan tenaga kerja murah. Tapi justru untuk mendapatkan tenaga kerja kompeten sesuai dengan kebutuhan industri, dalam hal ini adalah industri wisata," tuturnya.

Kick Off Pemagangan 5 Destinasi Wiasata Super Prioritas dilaksanakan secara hybrid. Di mana kick off dilaksanakan secara serempak di 5 Destinasi Wisata Super Prioritas yaitu Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), dan Likupang (Sulawesi Utara) melalui sambungan video (virtual).

Kick off ini juga dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di Likupang, Minahasa Utara, sebagai pusat pelaksanaan kick off.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Kemnaker

Tags

Terkini

6 Pilihan Tempat Wisata yang Aman saat Pandemi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:25 WIB

Terpopuler

X