Kadispar Sumbar: Pokdarwis Harus Bisa Kembangkan Kampung Wisata

- Senin, 27 September 2021 | 16:30 WIB
Kadispar Sumbar, Novrial.
Kadispar Sumbar, Novrial.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sumbar Novrial mengatakan, dengan adanya Pokdarwis di provinsi ini bisa memfasilitasi dan melaksanakan upaya pengembangan daerah wisata seperti desa atau kampung wisata.

Pemberdayaan masyarakat tersebut kepada Kelompok Sadar Wisata. Undang-undang no 10 tahun 2009 Kepariwisataan menjelaskan bahwa Kelompok Sadar Wisata dapat dilihat sebagai kelompok yang tumbuh atas inisiatif dan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif dan pembangunan tentang daya tarik wisata dalam rangka meningkatkan tempat tinggalnya.

PokBaca Juga: Pokdarwis Salingka Alam Padang Tarok Goro Benahi Kawasan Wisata Arung Jeram

Agar kegiatan tersebut dapat dan terarah maka dilakukan mempersembahkan Apresiasi kepada Kelompok Sadar Wisata yang memiliki komitmen tinggi dalam pengembangan daerah tujuan wisata dengan pengaplikasian nilai-nilai sapta pesona.

Selain itu, Novrial juga meminta kelompok sadar wisata ini tetap memperhatikan protokol kesehatan ketat dalam mengelola kepariwisataan agar penyebaran COVID-19 tidak terjadi di objek wisata.

Baca Juga: Maksimalkan Potensi Desa Wisata Pesisir Selatan, 40 Anggota Pokdarwis Ikuti Pelatihan

"Tentunya di masa pandemi ini harus benar-benar diperhatikan agar upaya pemerintah menekan angka kasus COVID-19 bisa terus sejalan dengan upaya pemulihan ekonomi khususnya yang bersumber dari sektor pariwisata," ucapnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan dengan penyerahan anugerah apresiasi Kelompok Sadar Wisata Tahun 2021 se Sumatera Barat yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumbar dan didampingi oleh Kadis Pariwisata Sumbar.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi pada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang dinilai mampu menjadi ujung tombak dalam pengembangan potensi wisata di daerahnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

6 Pilihan Tempat Wisata yang Aman saat Pandemi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:25 WIB

Terpopuler

X