NDC Unand Pacu Kemajuan Kepariwisataan sungai Pinang

- Selasa, 28 September 2021 | 02:34 WIB
Tim NDC Unand  dialog dengan Walinagari Sunagi Pinang. Ist
Tim NDC Unand dialog dengan Walinagari Sunagi Pinang. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Tim Nagari Development Center (NDC) Universitas Andalas (Unand) siap  memacu keparawisataan Nagari Sungai Pinang, salah satu nagari di Kawasan Wisata Bahari Nasional Mandeh, Pesisir Selatan.

Baca Juga: Bubar dengan Tertib, BEM SI akan Demo Lagi dengan Massa Lebih Besar

Pada program pengabdian masyarakat yang berlangsung 13-20 September 2021 itu, NDC Unand satu tim yang terdiri dari Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Wahyu Pramono dan Indraddin, serta Faidil Tanjung dari Fakultas Pertanian.


Pengembangan usaha wisata yang melibatkan masyarakat di Kawasan Mandeh menjadi amat penting, karena berdampak positif terhadap peningkatan usaha ekonomi masyarakat di nagari.

Walinagari Sungai Pinang Darmen, kepada tim menjelaskan, usaha pariwisata merupakan salah satu usaha alternatif pendukung peningkatan ekonomi masyarakat. Nagari Sungai Pinang, ujarnya, merupakan lokasi yang memiliki banyak sekali panorama indah dan menarik yang menjadi daya pemikat pengunjung wisata ke Kawasan Mandeh.

Selain memiliki pantai yang indah dengan pasir putih dan air yang jernih, jelasnya, juga memiliki terumbu karang yang bagus serta kawasan wisata pulau yang cantik. Sayangnya, kawasan ini belum terkelola secara baik dan terencana apalagi kawasan wisata yang berwawasan lingkungan.

Untuk itulah, pemerintah nagari menjalin kerjasama dengan Universitas Andalas di bawah koordinasi Nagari Development Center (NDC) Universitas Andalas.

Bersama Tim Pengabdian Universitas Andalas telah dirancang beberapa kegiatan seperti pembentukan kelompok sadar wisata (pokdarwis), penyusunan desain tata ruang pengembangan pariwisata, dan penguatan kelompok pelestarian lingkungan di Kawasan Pariwisata Sungai Pinang.

Pokdarwis dibentuk tidak saja dengan mengangkat pengurus kelompok tapi terlebih dahulu dengan melakukan aktifitas yang berkaitan dengan penumbuhan kesadaran tentang pentingnya usaha pariwisata di nagari dan pentingnya melakukan intervensi terhadap masyarakat pelaku usaha pariwisata.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Rilis

Tags

Terkini

6 Pilihan Tempat Wisata yang Aman saat Pandemi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:25 WIB
X