Serasa di Timur Tengah, Sejumlah Desa di Lombok Utara Panen Kurma

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 23:22 WIB
Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah promosikan buah Kurma NTB. (Diskominfotik)
Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah promosikan buah Kurma NTB. (Diskominfotik)

HARIANHALUAN.COM - Sejumlah desa di Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, mulai panen perdana buah kurama awal Oktober ini.

Baca Juga: Heboh! Ortu di Tuban Mengadu ke Jokowi, Ini Sebab Anaknya Kesulitan Dapatkan Akta Kelahiran

Seperti yang terjadi di dusun Karang Juang, Desa Segara Katon Kecamatan Gangga, Lombok Utara, panen perdana kurma diresmikan oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Nusa Tenggara Barat Niken Saptarini Widyawati, pada 1 Oktober 2021.

Ratusan pohon kurma sudah ditanam di desa ini sejak 2016.

Ketua TP PKK NTB Bunda Niken sapaan akrabnya, mengakui bahwa ini merupakan pertama kali masyarakat bisa melihat secara langsung bagaimana buah kurma dipetik dan dinikmati di tanah sendiri. Tentu potensi perkebunan kurma memberi harapan bagi masyarakat untuk terus mengembangkan budidaya kurma di seluruh wilayah NTB.

"Alhamdulillah, berkat usaha dan perjuangan teman teman komunitas kurma di Lombok Utara, sehingga kita dapat menikmati buah yang penuh berkah di tanah kita sendiri," tutur Bunda Niken,  seperti dilansir ntbprov.go.id.

Senada dengan itu, Bupati Lombok Utara yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Simparudin mengatakan, melihat potensi perkebunan kurma yang menjanjikan, pemerintah Lombok Utara akan terus mendukung demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

"Karena ini merupakan potensi yang luar biasa yang harus ditingkatkan. Kami melihat juga sebagai mutiara yang tersembunyi dari tanah kita sendiri," ungkapnya.

Adapun jenis kurma yang dipanen tersebut merupakan jenis kurma Ruthob dan memiliki harga yang cukup mahal. Tak heran jika harganya cukup mahal, antara Rp 250.000 sampai Rp 360.000 tiap satu kilogram. Jenis kurma Ruthob ada yang berwarna merah, hijau, dan kuning, tergantung jenis kurmanya.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

HOSHINOYA Bali Kenalkan Sensasi Jepang di Resor Mewah

Rabu, 17 November 2021 | 20:33 WIB

20 Tempat Wisata Sumbar yang Lagi Hits 2021

Rabu, 17 November 2021 | 18:34 WIB

10 Wisata Sumbar yang Buka dan Bisa Dikunjungi

Rabu, 17 November 2021 | 11:32 WIB

50 Tempat Wisata Sumbar Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Selasa, 16 November 2021 | 20:04 WIB

34 Juta Tenaga Kerja Parekraf Terdampak Pandemi

Rabu, 10 November 2021 | 08:20 WIB

Pemerintah Siapkan Aplikasi Desa Wisata

Minggu, 7 November 2021 | 02:05 WIB
X