Belum Banyak Tahu, Lokasi Wisata Batubara Ombilin Sawahlunto Mirip Tambang di Belgia

Milna Miana
- Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:15 WIB

SAWALUNTO, HARIANHALUAN.COM - Candi Borobudur dan Prambanan mungkin dua situs warisan dunia UNESCO yang paling terkenal di Indonesia bagi kalangan turis. Belum banyak tahu, Indonesia masih punya Tambang Batubara Ombilin di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat atau sekitar 70 km dari timur laut Kota Padang, ibu kota provinsi.

Situs ini resmi ditetapkan sebagai warisan dunia UNESCO sejak 2019. Tetapi hingga kini, belum banyak turis lokal maupun mancanegara yang menyambangi lokasi yang telah dibuka sebagai lokasi pariwisata ini. Padahal, situs ini memiliki nilai sejarah dan keunikan tersendiri.

Baca Juga: Menparekraf Siapkan Ombilin Sawahlunto jadi Wisata Heritage

Keunikan Tambang Batubara Ombilin

Tambang Batubara Ombilin terkenal sebagai situs tambang batu bara tertua di Asia Tenggara. Secara geografis, situs ini terletak di lembah yang sempit di sepanjang pegunungan Bukit Barisan. Kota Sawahlunto sendiri dikelilingi oleh beberapa bukit, yakni Bukit Polan, Bukit Pari, dan Bukit Mato.

Pertambangan batubara di Ombilin tersebut mulai beroperasi lebih dari satu abad. Dulu tambang ini dikelola oleh pemerintah kolonial Belanda hingga akhirnya berpindah tangan ke PT Bukit Asam Tbk. UPO di Sawahlunto ini merupakan satu-satunya tambang batubara bawah tanah di Indonesia.

Baca Juga: Kebakaran di PLN UPK Ombilin, Polres Sawahlunto Lakukan Penyelidikan

Di Komplek Tambang Batu Bara Ombilin, masih terdapat beberapa peninggalan asli seperti terowongan Mbah Soero, perumahan pekerja dan pekerja tambang (Tangsi Baru dan Tanah Lapang), pemfilteran batu bara, pabrik kereta api, kantor pemerintah, pemukiman, dan pemkot.

Pada masanya, Belanda membangun beberapa jaringan transportasi seperti membuat jaringan kereta api guna mengangkut batu bara dari Sawahlunto ke pantai barat Sumatera.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

HOSHINOYA Bali Kenalkan Sensasi Jepang di Resor Mewah

Rabu, 17 November 2021 | 20:33 WIB

20 Tempat Wisata Sumbar yang Lagi Hits 2021

Rabu, 17 November 2021 | 18:34 WIB

10 Wisata Sumbar yang Buka dan Bisa Dikunjungi

Rabu, 17 November 2021 | 11:32 WIB

50 Tempat Wisata Sumbar Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Selasa, 16 November 2021 | 20:04 WIB

34 Juta Tenaga Kerja Parekraf Terdampak Pandemi

Rabu, 10 November 2021 | 08:20 WIB

Pemerintah Siapkan Aplikasi Desa Wisata

Minggu, 7 November 2021 | 02:05 WIB
X