Bendi, Gerbang Kota Wisata yang Dimakan Zaman

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 15:45 WIB
Andi Gapuak dan bendinya. Foto: Vesco Davian
Andi Gapuak dan bendinya. Foto: Vesco Davian

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM – Charles Theodore Deeleman, insinyur Belanda yang memperkenalkan alat angkut tradisional gerobak kuda di Indonesia. Dari namanya kita bisa sadar kalau kendaraan itu biasa disebut Delman. Namun di Sumatra Barat pada umumnya, masyarakat menyebutnya dengan “Bendi”.

Menyusuri jantung Ibu Kota Bukittinggi, kita masih dapat menemukan jejak-jejak peninggalan legenda transportasi ini yang masih beroperasi. Dimulai dari kawasan Jam Gadang, hingga Pasar Bawah Bukittinggi.

Baca Juga: Berkah Kusir Bendi, Ketika Wisatawan Berkunjung ke Jam Gadang

Namun, seakan dibunuh perlahan, perhatian pemerintah terhadap bendi sangat memprihatinkan. Dimulai dari ruang yang dipersempit dengan berbagai alasan, hingga aspirasi-aspirasi yang dianggap angin lalu.

Tidak dapat dipungkiri, bendi adalah gerbang wisata yang patut mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Kota Bukittinggi. Pasalnya, dengan kusir bendi lah para wisatawan dapat berkomunikasi tentang lokasi wisata dan kuliner yang ada di Bukittinggi.

Baca Juga: Naik Bendi, Pasangan Zuldafri Darma-Sultani Mendaftar ke KPU Tanah Datar Besok

Seperti yang dikatakan Surya Guswandi, Wakil Ketua Persatuan Keluarga Bendi (PERKABI), wisatawan memposisikan kusir bendi seperti Tour Guide. Hanya wisatawan yang menganggap bendi sebagai ikon wisata Kota Bukittinggi.

“Wisatawan biasanya bertanya, dimana makan yang enak? Dimana objek wisata yang bagus? Biasanya bertanya lobang jepang karena tidak terlihat dari jalan,” tuturnya kepada Harianhaluan.com, Rabu (27/10/2021).

Pria yang biasa dipanggil Andi Gapuak ini menyayangkan, pentingnya bendi tidak dirasakan oleh pemerintah kota. Minimnya perhatian membuat PERKABI seolah-olah berjalan sendiri. Sesalnya, saat mendekati Pemilihan Umum, semua yang memiliki kepentingan berlomba-lomba untuk menarik simpati kusir bendi.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

HOSHINOYA Bali Kenalkan Sensasi Jepang di Resor Mewah

Rabu, 17 November 2021 | 20:33 WIB

20 Tempat Wisata Sumbar yang Lagi Hits 2021

Rabu, 17 November 2021 | 18:34 WIB

10 Wisata Sumbar yang Buka dan Bisa Dikunjungi

Rabu, 17 November 2021 | 11:32 WIB

50 Tempat Wisata Sumbar Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Selasa, 16 November 2021 | 20:04 WIB

34 Juta Tenaga Kerja Parekraf Terdampak Pandemi

Rabu, 10 November 2021 | 08:20 WIB

Pemerintah Siapkan Aplikasi Desa Wisata

Minggu, 7 November 2021 | 02:05 WIB
X