Ribuan Wisatawan Mancanegara akan Tiba, Sandiaga Uno: Desa Wisata Agar Bersiap

Dodi Caniago
- Minggu, 7 November 2021 | 21:43 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.


HARIANHALUAN.COM - Kalangan wisatawan mancanegara akan tiba. Hal ini disebabkan  Indonesia telah membuka kembali kran kunjungan wisata.

Baca Juga: Perbaikan Cuma Janji Kampanye, Kerusakan Jalan Provinsi di Riau Ini kian Parah

Oleh karena itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, meminta pengelola desa wisata untuk bersiap diri.

Selain itu terdapat juga aspek protokol kesehatan lewat penerapan CHSE (cleanliness Health Safety Environment Sustainability) yang terintegrasi dengan Aplikasi Peduli Lindungi.

Ia mengatakan, kedatangan wisatawan akan secara langsung memulihkan perekonomian, khususnya bagi masyarakat setempat. Sehingga nantinya peluang usaha dan lapangan kerja akan kembali terbuka bagii masyarakat.

"Ini harapan kita untuk memulihkan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujar Sandiaga dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari sindonews.com, Minggu (7/11/2021).

Ia menegaskan, protokol kesehatan serta protokol karantina harus dipatuhi secara disiplin oleh seluruh pelaku perjalanan luar negeri, khususnya wisatawan mancanegara.

Wisatawan mancanegara harus memenuhi persyaratan, yakni mendapatkan dosis vaksin COVID-19 lengkap serta menjalani masa karantina selama tiga hari setibanya di Indonesia.

Hal tersebut dijelaskannya merujuk Surat Edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Nomor 20 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi COVID-19.

"Kuncinya adalah COVID-19 yang terkendali. Saya berharap ketentuan ini dipatuhi seluruh anggota masyarakat yang melakukan perjalanan luar negeri maupun WNA," jelasnya.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

Segini Tarif Hotel Ala Lego di Dubai

Sabtu, 15 Januari 2022 | 00:25 WIB

Liburan ke 3 Pantai Thailand Ini Bebas Karantina

Rabu, 12 Januari 2022 | 09:15 WIB

Liburan Tahun Baru, Wisatawan Banjiri Pantai Kaur

Minggu, 2 Januari 2022 | 23:00 WIB

Liburan Tahun Baru, Kawasan Wisata Ancol Tetap Buka

Kamis, 30 Desember 2021 | 03:50 WIB
X