10 Tempat Wisata Sumbar Tersembunyi dan Unik yang Belum Banyak Diketahui

- Rabu, 17 November 2021 | 16:05 WIB
Ilustrasi wisata Sumbar
Ilustrasi wisata Sumbar

Letak geografis di provinsi Sumatra Barat (Sumbar) ini memungkinkan banyak wisata tersembunyi dan unik yang belum banyak diketahui. Wisat Sumbar ini umumnya terletak di pesisir selatan Pulau Sumatra. Selain perbukitan dan pantai, wisata Sumbar memiliki air terjun, danau, dan masih banyak lagi.

Wisata Sumbar ini pun biasanya dikunjungi bersama keluarga atau teman terdekat untuk bersenang-senang sambil menambah pengetahuan, baik mengenai sejarah maupun budaya di wisata Sumbar. Selain peran pengelola, wisata Sumbar juga mencakup pelayanan pemerintah dengan menyediakan fasilitas yang mumpuni di sekitarnya. Wisata Sumbar yang tersembunyi tak terlepas dari peran keduanya dengan menjaganya menyatu dengan alam dan tidak merusak kelestarian alam sekitar.

Meski tersembunyi dan belum banyak diketahui, wisata Sumbar semacam ini memiliki sensasi menantang untuk mencapainya, misal perjalanan selama dua hari dari Jakarta. Namun, baik perjalanan laut maupun darat, pesona alam wisata Sumbar sangatlah menawan dan akan memperoleh banyak pengalaman yang berharga.

Berikut ini tempat wisata Sumbar yang tersembunyi dan unik yang belum banyak diketahui sehingga wajib dikunjungi:

Rumah Gadang

Ilustrasi wisata Sumbar : Rumah Gadang

Wisata Sumbar berupa komplek rumah tradisional yang terletak di Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok Selatan. Meski namanya seribu Rumah Gadang, jumlahnya tak sampai seribu. Rumah Gadang ini pun dibangun dalam waktu yang lama. Namun, di kawasan ini pengunjung dapat menginap satu-dua malam di salah satu rumahnya, menyaksikan tarian tradisional, serta mempelajari adat istiadat suku asli.

Rumah Gadang dapat dikenali dengan ciri atap runcing yang disebut gonjong. Gonjong ini merepresentasikan pada tanduk kerbau, lambang suku asli Minangkabau. Rumah Gadang dapat ditemukan di seluruh kabupaten ini, tapi Desa Koto Baru yang memiliki sensasi lebih akrab sebab ada 174 rumah di dalam kompleks yang menawarkan pengalaman lebih lengkap ketika berkunjung.

Akses menuju kawasan seribu Rumah Gadang ini dapat ditempuh sekitar 150 km dari Padang, atau berkendara selama 3,5 jam. Desa Koto Baru pun berada di Jalan Utama Solok Selatan dengan petunjuk besar yang mengarah ke desa tersebut.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Segini Tarif Hotel Ala Lego di Dubai

Sabtu, 15 Januari 2022 | 00:25 WIB

Liburan ke 3 Pantai Thailand Ini Bebas Karantina

Rabu, 12 Januari 2022 | 09:15 WIB

Liburan Tahun Baru, Wisatawan Banjiri Pantai Kaur

Minggu, 2 Januari 2022 | 23:00 WIB

Liburan Tahun Baru, Kawasan Wisata Ancol Tetap Buka

Kamis, 30 Desember 2021 | 03:50 WIB
X