Bakal Tour Eropa, Darak-badarak Usung Musik Kontemporer dari Minangkabau

- Rabu, 17 November 2021 | 20:51 WIB
Darak-badarak saat tampit dalam sebuah panghung di acara yang dikelola Dinas Kebudayaan Sumatra Barat
Darak-badarak saat tampit dalam sebuah panghung di acara yang dikelola Dinas Kebudayaan Sumatra Barat

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Musik kontemporer menjadi salah satu alternatif ditengah ramainya musik viral bagi masyarakat yang jengah dengan musik-musik eletronik.

Di Sumatra Barat, Darak-badarak menjadi salah satu grup musik yang rajin mengisi gelaran-gelaran di berbagai kota.

Darak-badarak sendiri berdiri di Kota Pariaman 11 tahun silam. Kini, posisi personil sudah diisi oleh generasi ke 12. Dengan 14 personel, Darak-badarak siap menggetarkan hati pendengarnya.

Sebagai grup musik instrumental kontemporer, Darak-badarak sukses menggabungkan berbagai macam alat musik tradisional seperti Tambua, Talempong dan Tansa dengan Drum, Gitar Elektronik, Bass dan bergai macam alat musik modern lainnya.

Kini, Darak-badarak sedang mempersiapkan tour Eropanya. Direncanakan, grup musik ini akan menjajak 10 kota di Benua Biru tersebut September 2022 mendatang.

Ribut Anton Sujarwo, Punggawa segaligus pendiri Darak-badarang mengaku, kini sudah ada 6 kota di Eropa yang sudah disiapkan. Kedepannya akan ada 4 kota lagi yang dalam waktu dekat akan dipastikan.

Untuk perjalanan ke Eropa, ia mengaku, semuanya sejauh ini masih pendanaan swadaya. Dana yang dibutuhkan untuk akomodasi selama tour tersebut, setelah ia kalkulasikan, menyentuh angka Rp550 juta.

"Dana tersebut sudah termasuk pemain dan kru yang akan ikut selama tour," tuturnya kepada Harianhaluan.com.

Ia mengungkapkan, mengumpulkan dana saat ini dilakukan dengan mengamen, mencari kerja sama ke dinas-dinas pemerintahan hingga perusahaan-perusahaan berkelas nasional.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Segini Tarif Hotel Ala Lego di Dubai

Sabtu, 15 Januari 2022 | 00:25 WIB

Liburan ke 3 Pantai Thailand Ini Bebas Karantina

Rabu, 12 Januari 2022 | 09:15 WIB
X