Objek Pengawasan Harus Jelas

Administrator
- Kamis, 26 Februari 2015 | 19:01 WIB

Seperti interupsi yang disampaikan Anggota DPRD Riau Fraksi Golkar, Masnur. Dia menyebutkan, pembuatan pansus tersebut sah-sah saja, meru­pakan hak semua anggota dewan kare­na memang diatur dalam tata tertib (tatib) DPRD, dan usulan pemben­tukan pansus itu diistilahkan dengan hak inisiator. Meski demikian, menurutnya objek pansus tersebut seharusnya lebih difokuskan.

“Pembuatan Pansus tidak haram, karena dalam tatib kita diperbolehkan, namun tugas pansus harus lebih fokus dan spesifik,” ungkap Masnur yang saat ini menjabat Ketua Komisi E DPRD Riau.

Hal senada disampaikan Anggota DPRD Riau Fraksi PDIP, Syafrudin Poti. Menurutnya, pansus tersebut harus memiliki objek khusus, tentang peru­sahaan mana, perkebunan mana, per­tam­bangan, atau pun lahan yang dipersoalkan.

“Jika tidak disebutkan objeknya, maka pengawasan sesuai tugas anggota dewan. Kalau seluruh monitoring itu pengawasan, karena ada yang riskan yang harus di selesaikan maka dibentuk pansus, tapi objeknya harus jelas,” terang Poti.

Sementara, Ketua Fraksi PDIP DPRD Riau, Ma’mun Solihin dalam interupsinya menilai pansus yang diusulkan tersebut cukup jelas, simple, dan tidak perlu bertele-tele. “Sehingga, ke depannya tidak  perlu banyak dilakukan paripurna lagi,” tegasnya.

Menanggapi ini, Sekretaris Komisi A DPRD Riau, Suhardiman Amby sebagai salah satu inisiator pansus menyatakan, pansus tidak akan ada tebang pilih dalam mengevaluasi terhadap dan monitoring, harus dila­kukan evaluasi dan monitoring secara menyeluruh terhadap perusahaan di Riau.

“Tidak bisa, kalau mengangkat pendapatan daerah tidak boleh tebang pilih. Kalau mau bongkar, bongkar semuanya jangan sampai ada anak tiri dan anak kandung,” tegasnya.

Dijelaskan Politisi Hanura ini, langkah pembentukan pansus ini selanjutnya akan mengagendakan pandangan fraksi-fraksi DPRD Riau. “Waktunya, itu akan diagendakan dalam rapat banmus,” pungkas Suha­rdiman. (hr)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

HOSHINOYA Bali Kenalkan Sensasi Jepang di Resor Mewah

Rabu, 17 November 2021 | 20:33 WIB

20 Tempat Wisata Sumbar yang Lagi Hits 2021

Rabu, 17 November 2021 | 18:34 WIB

10 Wisata Sumbar yang Buka dan Bisa Dikunjungi

Rabu, 17 November 2021 | 11:32 WIB

50 Tempat Wisata Sumbar Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Selasa, 16 November 2021 | 20:04 WIB

34 Juta Tenaga Kerja Parekraf Terdampak Pandemi

Rabu, 10 November 2021 | 08:20 WIB
X