Riau Bakal Diguyur Hujan Buatan

- Jumat, 27 Februari 2015 | 19:29 WIB

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BlH) Riau, Yulwiriati Moesa, saat ditemui me­ngatakan, persiapan pembuatan hujan buatan dan penanganan Karhutla di Riau, akan ditandai dengan penetapan daerah Riau dengan status siaga darurat asap.

“Kita akan me-launching siaga darurat di Posko Karhutla yang akan di launching oleh Plt Gubri, Senin depan, dan mulai diaktifkan kembali dengan sempurna posko tersebut,” ungkap Yulwiriawati Moesa, Jumat, (27/2).

Dijelaskannya, launching Siaga darurat ini perlu dilakukan agar semua stakeholder terkait bisa berupaya untuk mencegah Karhutla di Riau tidak meluas. Dan hujan buatan juga untuk mencegah agar lahan gambut yang ada di beberapa daerah tidak mudah terbakar.

“Kita tidak ingin terjadi lagi kabut asap semakin tebal seperti tahun lalu, untuk itulah perlu dilakukan tindakan sejak dini, dengan melibatkan seluruh stakeholder yang ada,” jelasnya. Sementara itu, berdasarkan data Karhutla Moniltoring System (KMS), titik api di Riau terpantau sebanyak 16 titik api, pada Jumat (27/2). Dimana titik api tersebut berada di Bengkalis sebnayak lima titik api, Inhil satu titik, Kampar satu titik, Pelalawan satu titik, Siak empat  titik, Rokan Hilir dua titik dan Rohul satu titik.

Dalam pengoperasian hujan buatan ini, Pemprov mendapat bantuan anggaran dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Pengkajian dan Penera­patan Teknologi (BPPT). Untuk tahap awal anggaran dari APBN sudah dianggarkan sebesar Rp16 miliar. (hr)

Editor: Administrator

Terkini

Taman Niaga Batam Jadi Kampung Tangguh Narkoba

Minggu, 20 Juni 2021 | 20:27 WIB
X