Pemprov Diingatkan Antisipasi Karhutla

- Jumat, 8 Januari 2016 | 02:47 WIB

Ketua Komisi E DPRD Provinsi Riau, Masnur meminta Pemerintah Pro­vinsi Riau melalui SKPD terkait untuk segera melakukan aksi antisipasi supaya tidak terjadi karhutla yang menyebabkan bencana kabut asap di Riau. Apalagi, dana sebesar Rp120 miliar sudah dianggarkan untuk antisipasi karhutla.

“Kita harapkan pemprov untuk action antisipasi karhutla di Riau. Anggarannya kan sudah  Rp 120 miliar yang tersebar di beberapa SKPD seperti kehutanan, perkebunan, kemudian lainnya disamping ada juga di BPBD,” ungkap Masnur kepada wartawan kemarin.

Menurut Politisi Partai Golkar ini, antisipasi sosialisasi supaya tidak terjadi harus dilakukan pemerintah. Seperti, sosialisasi  kepada  masyarakat  supaya kebakaran lahan dan lahan tidak terjadi lagi di Riau.

Apalagi, saat ini BMKG sudah mem­prediksi akan terjadi musim ke­marau. “Dan inilah yang harus di­antisipasi. Sosialisasi harus dilakukan pemda mulai sekarang terutama pada daerah rawan kebakaran. Misalnya saja, di Kabupaten Kampar itu daerah Rimbo Panjang. Kebakaran hutan dan lahan ini harus diantisipasi masyarakat dan perusahaan yang memiliki lahan,” ujar Masnur.

Menurutnya, antisipasi karhutla penting dilakukan untuk supaya tidak terjadi hal-hal yang diinginkan terjadi seperti kebakaran hutan dan lahan.

“Jadi, ini sangat penting jadi per­hatian seperti pepatah sedia payung sebelum hujan supaya tidak terjadi karhutla,” tandas Masnur. (hr)

Editor: Administrator

Terkini

6 Pilihan Tempat Wisata yang Aman saat Pandemi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:25 WIB
X