Pemerintah Akan Revitalisasi Pelabuhan Penagi

- Sabtu, 26 Maret 2016 | 03:56 WIB

NATUNA, HALUAN — Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Natuna, Amin mengatakan sebagian fokus pemerintah tahun ini mengarah ke revitalisasi Pelabuhan Pengai, Ranai sehingga pelabuhan tersebut bisa dioftimalkan oleh masyarakat dan pengusaha.

Dijelaskannya, dalam upaya ini pemerintah akan menyambungkan Pelabuhan Penagi ke arah Pelantar Kampung Penagi yang berjarak sekitar 100 meter.

“Salah satu fokus kita tahun ini memproses terealisasinya penyambungan pelabuhan penagi dan kampun Penagi itu. Kita akan bangun pelantar sekitar 100 meter sehingga pelabuhan ini tersambung dengan pelantar kayu yang ada di Penagi,” terang Amin di kantornya beberapa waktu lalu.

Upaya ini dilakukan untuk efektifitas pelayanan mayarakat di pelabuhan karena dengan tersambungnya pelabuhan dengan pelantar penagi masyarakat yang hendak bepergian bisa mengunakan dua jalur menuju pelabuhan yakni melalui jalan kantor Dishubkominfo dan jalan di perkampungan Penagi.

Selain itu, pada pelantar yang akan dibangun tersebu nelayan bisa bersandar di sekitar pelabuhan tanpa perlu jauh-jauh sehingga dapat mengurangi penumpukan kapal di pelabuhan.

“Manfaatnya banyak sekali, di antarnya jalur lalu lintas masyarakat akan semakin nyaman karena mereka juga bisa menggunakan jalan kampun Penagi. Kemudian nelayan kita juga bisa sandar di sambungan itu nanti,” paparnya.

Selain manfaat di atas, upaya revitalisasi pelabuhan itu juga dibangun diharapkan dapat mensuport pelabuhan Ron On Ron Of (Roro) yang dicanangkan pemerintah.

“Pelantar ini juga nanti bisa menjadi suport pelabuhan Roro, karena nanti masyarakat pulau akan terkumpul di pelabuhan ini jika hendak berpergian ke luar daerah sesui jurusa kapal Roro,” ungkapnya.

Menganai anggaran, Amin mengaku belum bisa menyampaikannya kepada khalayak karena kegiatan ini masih dalam proses, “kita masih godok rencananya, jadi kalau anggaran nanti dulu. Semoga saja tahun depan bisa mulai di bangun,” pungkasnya. (fat)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Taman Niaga Batam Jadi Kampung Tangguh Narkoba

Minggu, 20 Juni 2021 | 20:27 WIB
X