Hari Ini, Dewan Sampaikan Hak Angket

- Senin, 28 Maret 2016 | 02:49 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Hari Ini, Senin (28/3) hak angket dewan akan di­sam­paikan dalam rapat paripurna atas penganggaran pem­ba­yaran hutang eskalasi Pem­prov Riau dalam APBD Pe­ru­bahan 2015.

Hak angket digunakan dewan karena anggaran ter­sebut sudah ditolak dan tidak pernah disetujui dewan. Na­mun, anggaran tersebut tetap masuk dalam APBDP tahun anggaran 2015.

“Kita sampai dalam rapat paripurna Senin (hari ini, red) ,” ungkap Pengusul Hak Ang­ket DPRD Riau, Ade Agus Hartanto kepada Haluan Riau akhir pekan lalu.

Anggota Komisi E DPRD Riau ini menyebutkan, pe­ngusul hak angket sudah me­menuhi syarat untuk di­usulkan hak angket dan sudah ada sebanyak 15 anggota de­wan yang menandatangani kesepakatan penggunaan hak angket.

“Dalam paripurna Senin besok (hari ini, red). Kita akan sampaikan alasan kita me­nyampaikan hak angket se­kaligus minta persetujuan se­luruh anggota dewan terhadap hak angket ini dalam pa­ripurna,” terang Ade.

Menurut Politisi PKB ini, hak angket ini ditujukan untuk membuka bagaimana ang­ga­ran pembayaran hutang eska­lasi yang sudah ditolak dan tidak pernah disetujui dewan masuk dalam anggaran apbd-p 2015.

“Jadi, tidak ada yang perlu ditutupi dan Kita ingin se­muanya tuntas. Biar jelas se­mua bagaimana pembayaran hutang eskalasi yang tidak pernah disetujui dewan ini kok bisa masuk. Ini harus dibuka lagi bagaimana prosesnya mulai dari awal sampai pe­ngesahan biar semuanya clear and clean,” tegas Ade.

Hal senada disampaikan Pengusul Hak Angket Har­dianto.

Politisi Gerindra ini men­jelaskan, kak angket yang digulirkan untuk mencari titik terang mekanisme masuknya anggaran hutang eskalasi yang sudah ditolak dewan.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

6 Pilihan Tempat Wisata yang Aman saat Pandemi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:25 WIB

Terpopuler

X