Pemkab Meranti Segera Bangun SPAM

- Selasa, 29 Maret 2016 | 02:55 WIB

SELATPANJANG, HALUAN—Atasi kesulitan air bersih di Kabupaten Kepulauan Meranti, pemerintah daerah melalui dinas pekerjaan umum mulai tahun ini akan membangun Sarana Penyediaan Air Minum (SPAM) di berbagai pulau yang ada.

Untuk tahun ini pihak PU dalam hal ini Bidang Cipta Karya akan mendirikan UPT SPAM di Kecamatan Te­bing tinggi Timur, tepatnya di Desa Sungai Tohor.

Tahun ini kita akan mulai membangun proyek air bersih untuk kebutuhan air minum. Dan SPAM yang akan kita bangun seluruhnya rancangan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti sendiri.

Artinya mulai dari peren­canaan hingga pelaksanaan dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah daerah.Beda de­ngan pembangunan SPAM yang ada di Desa Tanjung Samak sebelumnya, dimana  hal itu hanya bersifat melan­jutkan.

“Namun di Desa Sungai Tohor nantinya akan kita lakukan seratus persen dimu­lai dari titik nol,”ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Meranti Ir.H Arhahni MT, melalui Kabid Cipta Karya (CK) Afifuddin, kepada Halu­an Riau, Minggu kemarin.

Afifudin mengungkapkan, dengan kerja keras pihaknya untuk mendapatkan bantuan dana  dari pusat, maka me­lalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2016 Pemkab Meranti mendapat kucuran dana sekira Rp7 Miliar, di­tam­bah lagi dengan bantuan dana dari Pemerintah Provinsi Rrovinsi Riau.

“Kita akan bangun SPAM yang disesuaikan dengan kon­disi wilayah. Dimana bahan baku airnya nanti akan me­manfaatkan air kanal yang akan dibuat sedemikian rupa.

Air kanal adalah air tanah gambut yang berwarna ke coklatan dan rasanya tawar. Air tersebut nantinya akan diolah dengan menggunakan teknologie terkini. Sehingga air menjadi layak untuk di­konsumsi masya­rakat,” ung­kap Afifudin.     

Menurutnya, SPAM  yang telah dimulai Pemkab Me­ranti di Tanjung Samak, sudah dirasakan oleh masyarakat di lima desa di Kecamatan Rang­sang. Dan untuk pemba­ngu­nan SPAM di Sungai Tohor ini nantinya menjadi pilot proyek pembangunan SPAM yang akan diadakan ke depan di seluruh Kepulauan Meranti.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Taman Niaga Batam Jadi Kampung Tangguh Narkoba

Minggu, 20 Juni 2021 | 20:27 WIB
X