Dirut PT RAKA Akhirnya Dijebloskan ke Lapas

- Kamis, 31 Maret 2016 | 16:06 WIB

PEKANBARU, HALUAN —Direktur Utama (Dirut) PT Riau Agung Karya Abadi, Andre alias Heri, terpidana 3,5 tahun dalam kasus kehutanan akhirnya di­jeb­los­kan di Lem­baga Pe­masya­rakatan Klas II A Pekanbaru, untuk menjalani hukuman.

Saat dikonfirmasi, Kepala Seksi Pidana Umum Kejak­saan Negeri Pekanbaru, Adi Kadir, membenarkan hal ter­sebut. Dikatakan Adi Kadir, Andre yang juga merupakan Dirut PT Mekarsari Alam Lestari (MAL) tersebut dita­han sejak Senin (28/3) kemarin.

Sebelumnya, kata Adi Ka­dir, Jaksa Penuntut Umum yang menangani perkara ter­sebut, yakni Syafril dan Zur­wandi, dari Kejaksaan Tinggi Riau telah melakukan pe­mang­gilan secara patut terhadap Andre melalui Penasehat Hu­kum­nya, untuk melaksanakan putusan Mahkamah Agung.

“Pada Senin (28/3) ke­marin, dengan didampingi PH-nya, terpidana Andre alias Heri mendatangi JPU. Selanjutnya oleh JPU, terpidana langsung dibawa ke Lapas Pekanbaru untuk dilakukan penahanan,” ungkap Adi Kadir di ruangan­nya, Rabu (30/3).

Terpisah, JPU Syafril juga mem­benarkan terkait pena­hanan Andre. Dikatakannya, Andre alias Heri bersama PH-nya memenuhi panggilan JPU sekitar pukul 08.30 WIB un­tuk menyerahkan diri.

“Selanjutnya, kita (JPU, red) kita buatkan berita acara­nya. Sekitar pukul 09.00 WIB, langsung kita bawa ke Lapas,” jelas Syafril.

“Dia kooperatif, tidak kita tangkap (eksekusi paksa,red). Dia menyerahkan diri,” lanjut­nya menegaskan.

Seperti diwartakan se­be­lum­nya, Andre alias Heri din­ya­ta­kan bersalah oleh majelis hakim Mahkamah Agung (MA) dalam kasus kehutanan, yaitu perambahan dan penga­lihfungsian Tanaman Hutan Rakyat (Tahura) yang men­cakup wilayah tiga kabupaten/kota di Riau, dan divonis se­lama 3,5 tahun.

Salinan petikan putusan dari MA Nomor : 2114 K/Pid.Sus/2014, yang ditanda­tangani majelis hakim MA yang diketuai Salman Luthan, dengan hakim anggota masing-masing Sumardijatmo dan Margono, serta dimusya­warah­kan pada 18 Agustus 2015 tersebut, diterima pihak PN Pekanbaru pada 21 September 2015 lalu.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

NDC Unand Pacu Kemajuan Kepariwisataan sungai Pinang

Selasa, 28 September 2021 | 02:34 WIB

20 Destinasi Wisata di Jawa Mulai Dibuka Tahap Ujicoba

Senin, 13 September 2021 | 17:56 WIB

Water Front City Sukses Dikelola Desa Rambai

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 19:01 WIB
X