ASN 4 SKPD Kewenangan Daerah

- Jumat, 22 April 2016 | 03:43 WIB

KAMPAR, HALUAN—Status Apa­ratur Sipil Negara (ASN) pada empat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SK­PD) hingga saat ini masih menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Kampar dan belum diserahkan ke pemerintah pusat.

Kepala Badan Kepegawaian Dae­rah (BKD) Kampar Zulfahmi kepada Haluan Riau, Kamis(14/4) kemarin mengatakan bahwa pihaknya hanya mendata jumlah personel dan diper­kirakan pada 2017 akan menjadi ASN Provinsi Riau.

Dikatakannya ke-4 SKPD itu adalah Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kes­bangpol), Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Dinas Kehutanan (Dis­hut) serta Dinas Perikanan (Diskan).

“Itu Bagian Ortal yang tahu karena mereka yang pergi ke Pusat namun sepe­ngetahuan saya khusus Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kes­bangpol) pada 2017 akan menjadi kewenangan pemerintah pusat dan saat ini kami telah diminta untuk mendata aset dan jika selesai penda­taanya maka diserahkan ke pusat berupa personil, peralatan, pembia­yaan dan Dokumen atau P3D,” sebut­nya.

Kemudian, Dinas Energi Sumber Daya Meniral (ESDM), Dinas Kehu­tanan dan Dinas Perikanan belum satupun yang diserahkan ke peme­rintah provinsi dan masih berstatus ASN Kampar.

“Jika selesai tentunya ada yang akan diserahkan ke Pemerintah Pro­vinsi yakni Dinas ESDM, Dinas Ke­hutanan dan Dinas Perikanan sedang­kan yang diserahkan ke pemerintah pusat adalah Kesbangpol,” urainya.

Selain itu, khusus pejabat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk­capil) pengangkatan dan pemberhentiannya dilakukan oleh pemerintah pusat sedangkan personel tetap menjadi kewenangan peme­rintah Kampar.

Lembaganya tetap menjadi kewe­na­ngan Pemda Kampar sedangkan pejabatnya menjadi kewenangan pemerntah pusat termasuk pem­biayaanya juga bersumber dari APBN dan APBD Kampar.

Saat ditanya apakah ASN di SKPD itu diberikan pilihan untuk memilih menjadi ASN kabupaten atau Provinsi, Zulfahmi belum bisa memberikan penjelasan lebih jelas. (hr)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

NDC Unand Pacu Kemajuan Kepariwisataan sungai Pinang

Selasa, 28 September 2021 | 02:34 WIB

20 Destinasi Wisata di Jawa Mulai Dibuka Tahap Ujicoba

Senin, 13 September 2021 | 17:56 WIB

Water Front City Sukses Dikelola Desa Rambai

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 19:01 WIB
X